Produksi LCGC Tembus 1,1 Juta Unit Dalam 1 Windu


Pengendara.com, Jakarta — Secara akumulatif kendaraan dengan kategori Low Cost Green Car (LCGC) yang diproduksi di Indonesia telah mencapai 1,1 juta unit baik merek Daihatsu maupun Toyota untuk memenuhi permintaan pasar domestik dan ekspor dalam bentuk CBU (Completely Built Up).  

Ada 2 segmen kendaraan LCGC yang diproduksi Astra Daihatsu Motor yakni, pertama HB (Hatchback), yaitu Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya serta Wigo, sedangkan yang  kedua berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle), yaitu produk kolaborasi Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya, dimana produksi kendaraan di segmen ini telah mencapai lebih dari 465 ribu unit sejak peluncuran perdananya.  

Total pencapaian kedua segmen LCGC tersebut berkontribusi sekitar 29% dari jumlah total produksi ADM yang berkisar sekitar 3,8 juta unit pada periode 2013 – 2020. Pencapaian ini merupakan catatan penting ADM, dan menandakan bahwa kendaraan LCGC yang diproduksi menjadi produk yang paling diminati di pasar domestik, maupun pasar ekspor.

Prestasi ini melengkapi sejarah ADM yang sebelumnya telah mencapai produksi kendaraan 1 juta unit pada 2005, 2 juta unit pada 2010 disertai penghargaan rekor dari MURI, serta 3 juta unit (2013), 4 juta unit (2015), 5 juta unit (2017), dan 6 juta unit (2019).      

Latest Posts