Suzuki Jimny Transmisi Otomatis Masuk Daftar Recall Campaign

Pengendara.com, Jakarta — Suzuki akan melakukan recall terhadap 21 unit Jimny bertransmisi otomatis (Automatic Transmission/AT), produksi Mei-Juni 2021. Hal ini disampaikan pihak menejemen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di acara Ngobrol Virtual Santai (Ngovsan) yang diadakan Suzuki bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot) pada Jumat (17/9).

Sejumlah 21 unit Jimny yang diproduksi pada rentang waktu Mei hingga Juni 2021 berpotensi mengalami masalah perembesan oli dan dapat menyebabkan mobil tidak bisa dijalankan hingga mengancam keselamatan sehingga harus dilakukan perbaikan.

PT SIS bertanggung jawab dan berkomitmen secara berkelanjutan terhadap konsumen, salah satunya adalah dengan melaksanakan program “Product Quality Update” untuk memperbaiki kendaraan yang diduga memiliki potensi masalah dan memastikan keselamatan konsumen.

“Terjadinya rembesan oli diduga karena adanya kesalahan saat perakitan yang menyebabkan oil seal terlipat. Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, kami menemukan potensi perembesan oli yang disebabkan posisi oil seal terlipat saat perakitan. Untuk itu, kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen,” jelas Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS.

Selama proses pengecekan, teknisi Suzuki akan membongkar transmisi untuk memastikan apakah terdapat perubahan bentuk atau perembesan. Jika ada, maka akan dilakukan penggantian Automatic Transmission Set.

Namun, jika tidak ditemukan perubahan bentuk atau perembesan, teknisi hanya akan mengganti komponen washer set saat pemasangan kembali transmisi karena komponen tersebut merupakan non-reusable part.

Selain recall campaign, Suzuki juga melakukan service campaign untuk Jimny, kegiatan tersebut menyasar unit Jimny yang memerlukan perbaikan pada bagian door harness, dimana tekanan dari tekukan saat membuka atau menutup pintu pada bagian tengah kabel di dalam grommet berpotensi menggangu fungsi beberap fitur, seperti power window dan central door lock sehingga kenyamanan dan keamanan konsumen tetap terjaga.

Total Jimny yang masuk dalam kegiatan tersebut terdapat 1.540 unit terdiri dari 150 unit bertransmisi manual dan 1.390 bertansmisi otomatis. Seluruh unit Jimny tersebut diproduksi pada periode Mei 2018 hingga Desember 2020.

Dalam pelaksanaan program Product Quality Update ini, Suzuki akan langsung menghubungi semua pemilik Jimny yang terkena recall campaign maupun service campaign untuk datang ke bengkel resmi agar dapat segera dilakukan pemeriksaan. Dalam hal ini konsumen tidak dikenakan biaya apapun.

Melalui program ini diharapkan Jimny milik konsumen tetap aman dan nyaman saat digunakan, Suzuki juga akan terus berupaya menjaga kualitas produk sehingga mampu meningkatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen.

Latest Posts