Tips Tetap Bugar Berkendara Saat Berpuasa

Pengendara.com, Jakarta — Berkendara saat berpuasa sangat memengaruhi kondisi fisik pengendara, untuk itu ada 7 hal penting yang harus diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman saat berpuasa seperti disampaikan Johannes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) di acara Ngobrol Virtual Santai (NGOVSAN) yang diadakan pada Selasa (13/4).

Acara yang adakan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) bersama PT Astra Honda Motor (AHM) megangkat tema Tetap Bugar Berkendara Saat Puasa.disampaikan ada 7 hal yang harus diperhatikan, Pertama. Perencanaan Perjalanan dalam hal ini pengendara harus fokus di jalan agar tidak terjebak kemacetan di jalan. Apalagi saat bulan Ramadan ini banyak tempat jajanan dadakan, jam pulang bersamaan yang dapat menyebabkan kepadatan kendaraan.

Kedua Istirahat yang cukup, sebab waktu tidur yang berubah mengakibatkan kurang tidur yang memiliki korelasi kuat dalam konsentrasi, dapat menimbulkan depresi dan kecemasan. Kurang tidur kurang menginterprestasikan dalam melihat informasi di jalan.

Ketiga Asupan Makanan, mengingat jam makan berubah dimana terdapat satu rentang waktu tidak boleh makan, untuk itu dibutuhkan asupan makanan agar kebutuhan energi tercukupi. Keempat adalah Pemanasan rutin harus dilakukan saat berkendara agar dengan pemanasan dapat meningkatkan respons kita.

Kelima Energi dimana pada saat puasa energi kita terbatas, sehingga energi yang ada dialokasikan dan difokuskan untuk berkendara. Jangan terganggu hal-hal yang membuat energi terkuras.

Keenam Berpikir Positif, sebab selain kondisi fisik yang harus dijaga, psikis juga perlu diperhatikan. Bila kondisi lelah dan emosi tidak stabil dikhawatirkan bertindak negatif di jalan serta Ketujuh  Memprediksi bahaya saat berkendara diperlukan untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan di jalan.

Latest Posts