Prestasi Suzuki Indonesia Yang Hadirkan Produk Berkualitas Sepanjang Tahun 2020

Pengendara.com, Jakarta — Meski tahun 2020 industri otomotif mengalami penurunan performa akibat pandemi Covid-19 namun Suzuki Indonesia terus berupaya menghadirkan produk berkualitas serta layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

Beberapa pencapaian yang didapat Suzuki Indonesia selama tahun 2020, pertama adalah meningkatkannya pangsa pasar mobil Suzuki sebesar 2,7% sehingga menjadi 12,4%. Sedangkan untuk retail sales, penjualan menembus angka 72.389 unit sehingga mampu meningkatkan pangsa pasar sebesar 2,66% menjadi 12,5%.

Kontribusi terbesar penjualan Suzuki tahun 2020 didominasi oleh New Carry Pick Up dengan total wholesales sebanyak 37.109 unit dan retail sales sebanyak 40.697 unit, dimana angka ini berhasil membawa New Carry Pick Up menguasai 59,5% pangsa pasar wholesales Low Pick Up dan 61% pangsa pasar retail sales Low Pick Up. Artinya New Carry Pick Up produk yang dirakit secara lokal mencapai 91% dari total penjualan nasional Suzuki. 

Penjualan Suzuki tahun lalu juga disumbang dari produk andalan lainnya seperti XL7 yang menyumbang 12% terhadap penjualan nasional Suzuki dengan 9.827 unit wholesales dan 8.575 unit retail sales. XL7 menguasai 12,1% pangsa pasar wholesales MSUV dan 9,6% pangsa pasar retail sales MSUV. 

Kemudian All New Ertiga yang berkontribusi 13,3% dengan capaian 7.516 unit wholesales dan 9.663 unit retail sales. Di segmen LMPV, sehingga All New Ertiga menguasai 9% pangsa pasar wholesales dan 10,6% pangsa pasar retail sales. 

Peningkatan pangsa pasar yang diraih Suzuki juga didukung rangkaian produk baru yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen selama tahun 2020 seperti XL7 yang diluncurkan pada 14 Februari 2020, New Carry Luxury pada 5 Maret 2020, New Ignis pada 9 April 2020 dan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition pada 10 Oktober 2020.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari semua pihak selama tahun 2020 lalu sehingga kami dapat mempertahankan performa meski industri otomotif mengalami kontraksi. Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu juga menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan Suzuki yang tinggi. Kami akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas dan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujar Dony Saputra, 4w Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Hal lain yang juga menguatkan kepercayaan konsumen kepada Suzuki adalah banyaknya penghargaan yang diterima Suzuki selama tahun 2020 untuk produk yang baru diluncurkan maupun yang sudah terjual di pasar seperti XL7 yang memperolehi predikat Car of The Year dan Best of MPV Crossover dari OTOMOTIF Award serta Best Small MPV-Crossover dan Total Cost Ownership Small MPV – Gridoto Award. 

Kemudian New Iqnis yang memperoleh predikat Total Cost of Ownership Compact Car dari Gridoto Award dan City Car dari Marketeers Youth Choice. Jimny yang mendapat predikat Rookie of the Year dari OTOMOTIF Award dan Best of Compact SUV Resale Value dari Gridoto Award, New Baleno yang mendapat predikat Total Cost of Ownership Hatchback dari Gridoto Award serta SX4S-Cross yang berpredikat Best of Low Crossover dari OTOMOTIF Award.

Hal lain yang membuat Suzuki berhasil mempertahankan posisi sebagai APM yang dipercaya dan dipilih konsumen antara lain kemenangan tim Suzuki Ecstar di MotoGP 2020 yang mendorong penjualan sepeda motor, Hadirnya motor tempel 2 Tak yang menjadi primadona Suzuki Marine, Layanan purnajual dan sukucadang Suzuki yang semakin dipercaya konsumen dan Ekspor Suzuki tinggi saat ekspor otomotif nasional mengalami penurunan.

Meski dibayangi pandemi Covid-19 tahun 2021 Suzuki terus berupaya menggairahkan pasar otomotif nasional dengan target bisa mencapai 13% pangsa pasar mobil nasional sebanyak 66.500 unit baik CKD maupun CBU. Selain itu juga akan menambah jumlah negara tujuan ekspor.

Latest Posts