Isuzu Perkuat Layanan Purna Jual Saat Pendemi

Pengendara.com, Jakarta — “Meski pandemi Covid-19 belum tuntas, namun bisnis harus tetap berjalan,” kata Jap Ernando Demily, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dalam acara Isuzu Media Gathering 2021 yang diadakan secara virtual pada Kamis (9/2).

Dalam hal ini Isuzu lebih proaktif  dalam memberi pelayanan dengan melakukan pengalihan (shifting) jauh lebih cepat dari yang diperkiraan. agar bisnis tetap berjalan.

Bila melihat data Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal III tahun 2020 bisnis transportasi dan pergudangan tercatat tumbuh 24,28%, tentunya hal ini mendorong Isuzu produsen kendaraan komersial di Indonesia untuk lebih proaktif dalam memberi pelayanan purna jual, sehingga kegiatan bisnis pelanggan korporasi khususnya di bidang logistik dan kurir tetap terus berjalan.

Perubahann kebiasaan dari transaksi offline ke online juga mendorong industri logistik dan kurir bertumbuh sangat signifikan. Transaksi pembelian lewat e-commerce naik 18,1% menjadi 98,3 juta transaksi dengan nilai transaksi naik 9,9% menjadi Rp 20,7 triliun.

“Malah, pihak Isuzu aktif melakukan jemput bola dalam memberi layanan service di tempat customer. Lewat cara ini, diharapkan kinerja customer tetap terjaga dan lebih efesien, dimana hal ini sesuai dengan tagline Isuzu, “Real Partner Real Journey” pihaknya terus berupaya menjadi mitra strategis pelanggan untuk mendukung kegiatan bisinis mereka lebih efektif dan efisien. ” Tambah Ernando.

Kendaraan komersial biasanya memiliki jadwal “jalan” sangat padat sehingga mereka sulit mencari waktu untuk melakukan servis rutin, maka Isuzu membuat layanan yang bernama Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) yakni pelayanan jemput bola yang di tunjang teknisi yang bersertifikat.

“Upaya jemput bola servis lewat layanan atau yang lebih dikenal dengan nama BIB akan terus ditingkatkan di tahun 2021. Sebab, dengan cara itu, konsumen tak perlu kehilangan waktu jika unit kendaraannya harus mendatangi bengkel untuk melakukan servis. Bagi pelanggan hal tersebut jelas lebih efisien dan efektif.” jelas Attias Asril, Marketing Division Head PT IAMI.

Isuzu juga dapat melakukan servis di jalan tol dan di tengah hutan dalam memberikan pelayanan pada konsumen yang memang membutuhkan servis. Hal ini membuat pelayanan BIB tumbuh 25-30%. pada tahun 2020.

Saat ini terdapat sekitar 139 unit BIB di 45 bengkel mitra Isuzu yang tersebar di sejumlah tempat yang siap melayani konsumen, dan tahun 2021 Isuzu akan memperkuat jaringan bengkel mitra untuk mempersempit jarak jangkauan pelayanan agar konsumen mendapatkan pelayanan lebih cepat.

Hal ini tentu akan didukung gerai suku cadang Isuzu sebanyak 2.403 unit yang tersebar di seluruh Indonesia,yang jumlahnya akan terus ditingkatkan. agar konsumen dalam menjalankan bisnis kian mudah mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan. Jika mengalami kerusakan di perjalanan, terutama suku cadang fast moving. agar kegiatan bisnis mereka tidak terganggu. 

Latest Posts