Dari Low MPV sampai SUV, Deretan Mobil Ini Dapat Diskon Pajak Bulan Depan

Pengendara.com—Pemerintah akan memberikan diskon Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM). Mulai bulan depan atau Maret 2021, segmen mobil tertentu pajaknya 0 persen atau bebas dari pajak.

Ada kriterianya, yakni mobil baru dengan mesin 1.500 cc ke bawah, hanya menggunakan sistem penggerak 4×2 atau satu gardan.

Kami merangkumnya dalam beberapa jenis mobil. Mulai dari Multi Purpose Vehicle (MPV) low, sedan, hingga Sport Utility Vehicle (SUV). Untuk SUV tentunya yang Low juga. Di segment ini ada mobil sejuta umat Toyota Avanza, kemudian Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero.

Untuk low SUV di antaranya, terdapat Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Suzuki XL-7, dan DFSK Glory 560. Untuk jenis Sedan, seperti Toyota Vios, Suzuki Baleno, dan Honda City.

Segmen mobil tersebut dipilih karena merupakan segmen yang diminati kelompok masyarakat kelas menengah dan memiliki local purchase di atas 70%. “Diskon pajak dilakukan secara bertahap sampai dengan Desember 2021 agar memberikan dampak yang optimal,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Bebas pajak mobil tersebut tidak berlaku selamanya. Hanya sebagai relaksasi atau stimulus saja. Diskon pajak sebesar 100% (tarif pajaknya menjadi O% atau bebas pajak) dari tarif normal akan diberikan pada tiga bulan pertama, kemudian menjadi diskon 50% dari tarif normal pada tiga bulan berikutnya, dan 25% dari tarif normal pada tahap ketiga untuk empat bulan hingga akhir 2021. “Besaran diskon pajak akan dievaluasi efektivitasnya setiap tiga bulan,” kata Menkeu.

“Diskon pajak kendaraan bermotor ini menjadi bagian integral yang selaras dengan Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” tambah Menkeu Sri Mulyani.

Latest Posts