Array

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Pas untuk Trek Aspal dan Offroad, Nih Keunggulan Lainnya

Pengendara.com-Sesi test ride Suzuki Nex Crossover berlangsung di Kota Wisata, Jawa Barat dengan segala rintangan. Mulai dari jalan aspal, tanjakan, turunan hingga jajal di offroad. Kabar dari PT SIS bahwa Nex Crossover dapat melibas dua alam, tanah (offroad) dan jalan aspal (harian dan touring).

Suzuki Nex Crossover terdapat pembaharuan fitur.Foto Abdi/Pengendara.com

Nah untuk membuktikan kebenaran tersebut, pengendara.com menunggangi motor matic Nex Crossover yang disematkan mesin 115 cc FI yang berteknologi SEP (Suzuki Eco Performance).

Menurut saya, Suzuki Nex Crossover dari wajahnya tidak berbeda dengan pendahulunya, Nex II Cross. Penampilan, panjang dan lebarnya sama. Namun pembaharuan terlihat dibagian stang. Stang Nex Crossover tidak lagi diselimuti dengan batok. Stangnya telanjang, yang sedikit lebar. Striping kanan kiri motor ini tertulis Crossover yang menutupi bodi kanan dan kiri tersebut. Begitu dengan joknya, dua warna, abu abu dan hitam. Yang beraura lebih ekslusif. Dan sangat empuk.

Perbedaan juga terlihat dibagian speedometernya. Speedometer yang terpasang di stang ini sudah digital dan futuristik. Di layar speedometer ini terdapat indikator angka kecepatan, bahan bakar, jam, dan penunjuk lampu sein kanan kiri. Serta voltase baterai. Yang asyiknya angka speed tersebut sangat besar dan sangat jelas. Walaupun di siang hari, saat saya test ride pukul 13.00 WIB, penunjuk kecepatan itu sangat jelas dipandang mata. Sangat mudah untuk membaca segala informasi.

Speedometer Suzuki Nex Crossover.Foto Abdi/Pengendara.com

Selanjutnya sebelum test ride, yuk tengok bagian lampunya. Lampu depan dan belakang serta seinnya masih sama dengan Nex pendahulunya, masih menggunakan bohlam. Tidak ada yang berbeda. Tetapi di depannya terdapat striping Crossover di sisi kiri lampu. Dari sisi kunci. Motor ini belum keyless. Masih menggunakan manual kunci.

Lampu Utama Suzuki Nex Crossover.Foto Abdi/Pengendara.com

Bagaimanakah dengan bagasinya? Masih sama, belum ada perubahan dengan Nex II Cross. Walaupun bagasinya simpel yang terdapat dibawah jok, dapat menyimpan kunci dan surat penting Anda.

Libas Semi Offroad dan Aspal

Saatnya saya test ride Suzuki Nex Crossover. Pilihan trek pertama yaitu medan tanah, offroad. Oya, posisi riding Nex Crossover ini sangat nyaman. Masuk di jalan kerikil menuju trek tanah, Suzuki Nex Crossover tidak begitu terasa goncangannya. Sangat nyaman untuk ditunggangi seorang diri. Dua roda Nex Crossover bersiap bermain di tanah.

Suzuki Nex Crossover off-road Foto Feri/Pengendara.com

Ternyata memang benar, bahwa Suzuki Nex Crossover sangat lincah dan mantap untuk dipergunakan melibas tanah. Saat berkelok, tanjakan dan turunan tidak ada kekhawatiran. Suzuki Nex Crossover sangat oke bermain di offroad.

Bayangkan di trek tersebut juga ada gundukan tanahnya. Menerobos gundukan itu, goyangan Nex Crossover ini nyaman dan stabil dikendalikan, terasa lebih empuk di joknya. Apalagi Suzuki Nex Crossover sudah difasilitasi dengan ban tubless dual purpose pattern. Kaliper dan per yang aktraktif juga membuat kenyamanan tersendiri di motor ini.

Usai semi offroad, saatnya ke jalan aspal. Lagi lagi di jalan tersebut tidak ada hambatan. Motor ini melaju. Manuver tidak ada kendala. Apalagi saat di tarik gas, nyalip. Tarikan mesin 115 cc ini gesit. Cocok untuk dipakai harian bagi yang mengejar waktu.

Suzuki Nex Crossover di dua alam. Aspal dan off-road.Foto Feri/Pengendara.com

Pengereman? Tidak ada masalah. Suzuki Nex Crossover sangat baik di pengeremannya. Namun sayangnya Suzuki Nex Crossover belum dilengkapi dengan switch off engine di standar tunggalnya jika standar tersebut diturunkan. Inilah sedikit kekurangannya. Tetapi Suzuki Nex Crossover sangat referensi buat Anda yang memerlukan motor matic.

Motor ini dipastikan nyaman untuk dipergunakan harian, touring dan bagi Anda yang hobi offroad. Pilihannya Suzuki Nex Crossover yang bertenaga 6,9 kw, berat 94 kilogram, tinggi 1055 mm.

Suzuki Nex Crossover.Foto Ryan/Pengendara.com

Penasaran dengan motor dua alam ini? Silakan test ride Suzuki Nex Crossover di dealer terdekat Anda.

Latest Posts