Test Drive MG HS, Mobil SUV yang Sporty dengan Teknologi Masa Depan (Part 1)

Pengendara com-MG HS baru saja diperkenalkan di Indonesia beberapa bulan lalu. Keberadaan kendaraan roda empat ini sungguh mendobrak dunia otomotif Indonesia. Bayangkan SUV yang satu ini dari penampilan depannya terinspirasi dari mobil keluaran Jepang yang sangat ternama. Begitujuga dengan tampak belakangnya bagaikan mobil mewah yang sangat terkenal. Dipastikan yang melirik MG HS akan tertarik dengan sosoknya. Apalagi MG HS berwarna merah.

Kami, pengendara.com diberikan kesempatan untuk mengetest mobil yang berkapasitas lima penumpang tersebut. Kelir merah adalah unit yang dipinjamkan oleh MG Motor Indonesia ke kami. Secara detail bagian depan mobil ini sudah aerodinamis. Grillnya sangat sporty dan lebar yang dikelilingi chrome di semua sisinya. Apalagi ditambah dengan spoiler bawah yang berkelir putih telur asin. Lampu utamanya LED dan foglamp sport yang dilapisi chrome. Wow, aksen yang menambah aura kemewahan.

Kini beralih ke bodi samping. MG HS yang mempunyai ukuran panjang 4574mm X lebar 1876mm dan tinggi 1664mm memberikan badan yang aerodinamis.

Apalagi disepadankan dengan list chrome bawah dari depan spackboard roda depan hingga belakang yang menawan. Begitujuga dengan handle pintunya, chrome. Kaca spion MG HS telah dilengkapi sein. Nah, di sisi belakang SUV ini bodinya simpel dengan lampu yang menyerupai sirip ikan. Dan telah dilengkapi spoiler atas.

Pada sisi bawah bumper MG HS sudah diwarnai hitam dop dan disematkan lampu serta penambahan aura sportnya di bagian tengah bawah bumper tersebut. Yang lebih menariknya lagi, knalpot MG HS diletakkan dibagian sudut-sudut bawah bumper itu.

Dengan demikian menurut kami, dipastikan MG HS mengambil segmentasi pecinta sporty. Lalu, bagaimanakah bila disorot dari bagian atas mobil? Tentunya telah dilengkapi dengan panoramic sunroof dari bagian depan kabin ke bagian belakang mobil. Dan telah ditempelkan sharkfin serta roofrail.

Interior MG HS
Saat kami membuka pintu sudah terlihat sporty. Bangku dan doortrim serta dashboardnya dualtone, merah dan hitam. Bahannya pun sangat soft. Setirnya juga demikian, sudah dilengkapi elektrik entertain. Sangat memudahkan si pengemudi untuk menyetel hiburan yang diinginkannya. Selain itu MG HS juga bisa manual untuk penyetelan AC dan home entertain yang berada di bawah dashboard tepatnya di antara tongkat transmisi otomatisnya.

Yang lebih menarik perhatian, SUV MG HS terdapat lampu LED yang diselipkan di doortrim dan dashboardnya. Lampu itu ada 64 warna yang dapat disesuaikan dan disetel secara manual dan otomatis pada layar entertainnya.

Pancaran lampu LED di interior pintu membawa aura sporty MG HS. Foto Abdi/Pengendara.com

Yang berbeda juga pada bagian lubang AC. Lubang semprotan penyejuk itu berbentuk bulat, yang tampil beda dengan kendaraan SUV pada umumnya.

Bukan MG Motor Indonesia jika tidak membuat terobosan pada layar speedometernya. Menurut kami, layar digital yang ada di kabin pengemudi terdapat teknologi masa depan, yang mungkin belum dimiliki oleh mobil pada umumnya di Indonesia. Di sini fiturnya sangat lengkap. Mulai dari indikator bahan bakar, voltase baterai, jarum penunjuk kecepatan (digital speed), safetybelt, suhu mesin, hingga tekanan udara pada empat rodanya.

Layar yang sporty dibagian dashboard MG HS yang berseni.Foto Abdi/Pengendara.com

Layarnya lebih berseni, sudah dilengkapi permainan lampu sport di digital speed dan saat setelan super sport, warna jarum penunjuk yang awalnya putih beralih ke warna merah. Dilayar tersebut juga terdapat catatan kilometer yang telah ditempuh, pemakaian bahan bakar rata-rata dan warning kecepatan maksimal bila.disetel.

MG HS dilengkapi dengan cruise control saat di jalan bebas hambatan trek lurus. Sehingga kendaraan ini stabil dan tetap pada posisi lajur lurusnya. Tidak hanya berhenti hingga di sini, MG HS telah difasilitasi dengan panoramic sunroof yang memanjakan kedua kelopak mata Anda. Hanya dengan dua sentuhan tombol pemandangan atas mobil itu dapat terlihat jelas. Bagi kami dengan adanya panoramic ini menambah keleluasaan kabin di setiap barisnya.

Nah untuk penyetelan bangku depannya juga sudah elektrik. Baik untuk maju-mundur, naik-turun dan tegak-sandar. Hanya klik tombolnya saja. Bahkan ada juga setelan untuk menopang pinggul dibangku pengendaranya.

Mobil MG HS yang dipersenjatai mesin 1500 cc sudah dilengkapi dengan coolbox. Dan telah disediakan sandaran tangan kiri untuk si pengemudi. Tak hanya berfungsi sebagai sandaran tangan, kotak ini juga dapat berfungsi sebagai penyimpan berkas Anda. SUV ini menyediakan empat titik USB atau charging, di bagian depan dan di sisi tengah antara kabin depan dan belakang.

Guna memanjakan penumpangnya, MG HS telah melengkapi lubang AC yang berada dibelakang kompartemen sisi tongkat transmisi otomatisnya. Jadi para penikmat SUV ini merasa lebih nyaman untuk tingkat penyejuknya. Lebih asyiknya lagi, untuk penyetelan derajat AC bisa diatur satu per satu di kiri dan kanan.

Interior MG HS yang sangat sporty.Foto Abdi/Pengendara.com

Pertanyaan kami selanjutnya, bagaimanakah posisi duduk di jok belakang? Kami pun beralih duduk di bangku tersebut. Masih sangat renggang jarak antara lutut kaki dengan sandaran bangku depannya. Untuk menambah kenyamanan Anda, bisa mempergunakan sandaran kepala yang dapat difungsikan. Tak hanya itu, ditengah jok tersebut sudah disediakan kompartemen yang dapat digunakan sebagai penyimpan handphone ataupun berkas surat penting Anda.

Puas dengan baris kedua, kami pun menuju bagasi SUV ini. Lagi lagi MG HS menyajikan fitur membuka dan menutup bagasi dari bagian dalam dengan menekan satu tombol.

Ternyata bagasinya sangat luas. Ruang ini juga dilengkapi dengan bagasi tambahan roll yang dapat difungsikan. Dan jika Anda memerlukan space penempatan barang yang lebih luas lagi, Anda tinggal melipat kursi belakangnya.

Pengendara.com sedang test Drive MG HS.Foto Jeppy Heppy/Pengendara.com

Manuver Berkendara

Lalu, bagaimanakah rasanya mengemudi di kabin mobil MG HS yang sporty ini? (Bersambung part 2).

Latest Posts