Toyota All New Rush Pakai Mesin Avanza

    Toyota All New Rush yang baru saja dilaunching Nopember 2017 lalu, ternyata menggunakan mesin berkode 2NR-FE, Toyota Avanza.

    0
    909
    The All New Toyota Rush./Pengendara.com

    Pengendara.com—Penampilan Toyota All New Rush berubah total dibandingkan generasi sebelumnya. Dimensinya semakin panjang, ruang kabin meluas, dan makin aman dengan penambahan fitur keselamatan.

    Dengan desain lebih stylish dan dimensi yang lebih besar, penampilan All New Rush sebagai real Medium SUV terlihat lebih kokoh. Untuk memberi ruang kabin yang lebih luas, panjang All New Rush bertambah 230 mm menjadi 4.435 mm. Sementara untuk menjaga kelincahan dengan DNA sebagai real Medium SUV,  lebar All New  Rush dipertahankan 1.685 mm, begitu juga tinggi 1.705 mm dan jarak antar roda (wheel base) 2.685 mm.

    Untuk meningkatkan kenyamanan, sistem suspensi menerapkan pengaturan (setting) yang lebih baik dengan stabilizer di bagian depan dan belakang. Tingkat kekedapan dan peredaman di dalam kabin juga menjadi lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

    Toyota All New Rush bertenaga dengan mesin berkode 2NR-FE dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-I yang sanggup menyalurkan tenaga ke roda belakang sebesar 104 dk dan torsi 137 Nm. Engine yang digunakan mobil ini serupa dengan jantungnya yang dimiliki oleh Toyota Avanza.

    Bukannya meningkat, mesin Toyota All New Rush justru turun performanya menjadi 102 hp dan 136 Nm, dari yang sebelumnya 107 hp dan 141 Nm. Hal inilah yang banyak disayangkan oleh pecinta Toyota All New Rush di Tanah Air.

    Toyota All New Rush bertenaga dengan mesin berkode 2NR-FE dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-I yang sanggup menyalurkan tenaga ke roda belakang sebesar 104 dk dan torsi 137 Nm.Foto Abdi Kurniawan/Pengendara.com

    Ada alasan tersendiri kenapa Toyota All New Rush disematkan mesin 2NR-FE dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder? Ghandi Ahimsa Putra, Product Knowledge PT Toyota Astra Motor (TAM) menuturkan, mesin terbaru yang identik dengan milik Avanza itu diyakini bisa mencapai efisiensi terbaik.

    “Tenaga sama torsinya sama dengan Avanza, cuma untuk model matic ada lock-up function di gigi 3 dan 4. Ratio gear masih sama dengan Rush lama, cuma untuk manual beda untuk gigi 1 dan gigi 5,” katanya.

    Masih menurutnya, sebenarnya target Toyota All New Rush adalah lebih kepada fuel efficiency. Target Dual VVT-i itu memang efisiensi dan memang secara survei tenaga Toyota Rush yang dulu sudah lebih cukup.

    Engine yang digunakan mobil ini serupa dengan jantungnya yang dimiliki oleh Toyota Avanza.Foto Abdi Kurniawan/Pengendara.com

    Fasilitas All New Rush

    Interior didesain untuk 7 penumpang dengan tiga baris bangku. Dalam dimensi yang baru, membuat interior menjadi jauh lebih luas, dimana jarak antara dashboard dengan bangku ke tiga kini mencapai 2.525 mm.  Ini memberi ruang yang luas dalam mendesain posisi bangku, dimana jarak antara bangku depan dengan baris kedua menjadi 925 mm atau lebih longgar 45 mm dibandingkan model sebelumnya.

    Jarak bangku baris ke dua dengan bangku baris ke tiga 700 mm, sehingga penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya. Dan ini masih menyisakan ruang yang luas untuk tempat bagasi. Panjang bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan model sebelumnya.

    Semua varian All New Rush dilengkapi LED headlampintegrated LED rear combination lamp, tombol start-stop mesin, AC double blower, head unit 7 inci, kamera parkir mundur, grille chrome hitam, pengaturan naik-turun kemudi, 6 kantong udara, Vehicle Stability Control (VSC), indikator pengingat 7 sabuk pengaman, Anti-Lock Braking System (ABS),Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop Signal (ESS).

    All New Rush dilengkapi LED headlamp, integrated LED rear combination lamp.Foto Abdi Kurniawan/Pengendara.com

    Sementara untuk tipe TRD, hadir lebih eksklusif dan gagah dengan TRD aerokit dan ban ukuran 17”. Selain itu terdapat soft touch ornament, leather steering wheel & shift knob lever, fitur smart entry serta fungsi Auto A/C dengan layar digital untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan dalam berkendara.

    Fitur entertainment, All New Rush tipe TRD Sportivo dilengkapi DVD AVX 7″ with Internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, WeblinkSupport Multitasking dan Smart Phone Remote App. Sedangkan untuk tipe G, fitur entertaintment-nya dilengkapi DVD AVX 7″, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone ConnectPhysical Remote, HDMI, dan Miracast. Kemewahan ini didukung surround audio system dengan 8 speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6 speakeruntuk tipe G.

    All New Rush hadir dalam dalam 6 warna menarik, yaitu whitesilver mica metallicblack micabronze mica metallicred mica metallic, dan bordeaux mica. Didukung desain yang sama sekali baru, dan performa yang lebih meyakinkan.

    Dengan desain lebih stylish dan dimensi yang lebih besar, penampilan All New Rush sebagai real Medium SUV terlihat lebih kokoh.Foto Abdi Kurniawan/Pengendara.com