Array

Honda Civic Turbo Lulus Uji Tabrak

Pengendara.comHonda Civic Turbo sudah menyelesaikan proses assessmentnya yakni uji tabrak atau crash test. Hasilnya dirilis per hari ini, Selasa 10 Oktober 2017.

Dalam data rilis disebutkan, Civic yang dites merupakan generasi kesepuluh dari sedan medium Honda. Mobil ini di Indonesia dikenal dengan nama Civic Turbo karena bermesin turbo. Namun, untuk pasar Asia Tenggara, secara umum ada pilihan mesin lain untuk varian termurahnya.

Varian Civic ini dijadikan model pengujian. Model tersebut hanya memiliki dua buah airbag untuk penumpang depan. Sedangkan perlindungan aktifnya, memiliki Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Stability Control (ESC). Manfaat fitur terakhir, meminimalisir kehilangan kendali saat manuver berlebihan.

Untuk hasil ASEAN NCAP Civic Turbo, ada dua variabel utama yang disajikan yakni Adult Occupant Protection dan Child Occupant Protection. Seperti disebut, pengujian ini bermaksud menilai tingkat perlindungan mobil pada penumpang dewasa dan anak kecil.

Hasil uji tabrak disebutkan, untuk penumpang dewasa, nilainya empat dari lima bintang. Nilai itu diberikan lantaran poin yang diraih mencapai 14,74 dari tertinggi 16 poin. Dari visualisasi efek yang ditimbulkan pada tubuh alat uji, bagian dada dan betis penumpang, dinilai memadai. Sedangkan untuk bagian kepala, paha dan kaki, nilainya baik. Perlindungan untuk anak kecil juga dinilai empat bintang dengan kondisi kursi khusus anak terpasang menghadap depan.

Saat ini, Honda Civic di Indonesia dijual dalam dua jenis berupa sedan dan hatchback. Keduanya hanya tersedia dalam satu pilihan mesin (1,5 liter turbo) dengan satu jenis transmisi otomatis CVT. Harga Honda Civic hatchback dibanderol mulai Rp299 juta, sedangkan sedannya Rp480 juta.

Pengujian ASEAN NCAP sebenarnya belum menjadi standar Indonesia. Namun, untuk mengetahui peringkat keselamatan dan keamanan sebuah mobil, bisa dengan membaca rating dari lembaga tersebut.

Latest Posts