Array

Tencent Danai Taksi Terbang Jerman

Pengendara.comLilium GmbH perusahaan start-up yang mengupayakan teknologi mobil terbang asal Jerman, berhasil mengumpulkan investasi sebesar USD90 juta atau sekitar Rp1,2 triliun dari sejumlah investor, termasuk dari raksasa teknologi asal China, Tencent.

Lilium yang bermarkas di Kota Munich, Jerman ini berencana menggunakan investasi baru itu untuk membangun sebuah purwarupa taksi terbang yang bisa menampung lima penumpang dan melesat dengan kecepatan 300 kilometer per jam.

Lilium sendiri pada April lalu telah sukses membuat purwarupa mobil terbang berkapasitas dua tempat duduk.

Selain dari Tencent, investasi itu juga diperoleh dari bank swasta Belgia, LGT Group; Obvious Ventures, perusahaan milik pendiri Twitter, Ev William; dan pemodal Inggris, Atomico.

“Konsep Teknologi kami melampaui kebanyakan perusahaan rintisan di Jerman,” kata Chief Commercial Officer Lilium, Remo Gerber seperti dilansir Reuters. Lilium didirikan pada 2015 oleh empat orang insinyur dari Technical University of Munich.

“Kini, kami sedang mencari mitra yang bisa mengoperasikannya, dengan harga yang mirip dengan harga transportasi kereta api atau taksi biasa,” kata dia.

Gerber mengakui perusahaannya masih butuh sekitar dua tahun lagi untuk bisa memproduksi mobil terbang secara massal.

Berkat investasi baru Lilium kini diperkirakan memiliki modal senilai lebih dari USD100 juta. Aliran modal yang massif sebelumnya juga pernah diterima Lilium pada 2016. Saat itu, mereka menerima USD11,4 juta atau setara Rp152,03 miliar.

Semua uang yang digelontarkan kepada Lilium menjadikannya salah satu perusahaan pembuat mobil terbang dengan modal paling kuat saat ini.

Di Jerman sendiri Lilium bersaing dengan Volocopter GmbH, yang disokong oleh raksasa otomotif Jerman, Daimler AG. Selain itu, Airbus SE juga sedang mengembangkan proyek mobil terbang bernama Vahana.

Latest Posts