The Three Musketeers: D’Artagnan, Epik Romansa Klasik Ksatria Pengawal Raja

Pengendara.com—The Three Musketeers terkenal dengan spirit One for All (Satu untuk Semua), All for One (Semua untuk Satu) yang mengisahkan tiga ksatria pengawal raja. Bagi generasi 90’an seperti saya, teringat kembali lagu soundtrack film The Three Musketeers adaptasi bikinan Disney yang nge-hits pada masanya berjudul All For Love yang dinyanyikan secara trio oleh Bryan Adams, Sting, dan Rod Stewart pada 1994.

Film ini diangkat dari novel The Three Musketeers yang aslinya ditulis dalam bahasa Perancis oleh penulis Alexandre Dumas, dengan judul asli Les Trois Mousquetaires.

Kekuatan cerita The Three Musketeers yang fenomenal telah membuat novel ini diterjemahkan ke dalam banyak bahasa dan diangkat ke panggung-panggung pertunjukan teater juga ke layar lebar dan layar kaca. Adaptasi dalam bentuk film, pertama kali dilakukan sineas Perancis pada 1903.

Tidak kurang sebanyak 26 adaptasi ke film, termasuk produksi sineas Rusia pada 2013. Selain itu, The Three Musketeers juga sudah diadaptasi dalam banyak serial animasi, juga menjadi ide bagi beberapa jenis film lainnya.

Adaptasi layar lebar yang lumayan keren berjudul The Three Musketeers produksi 2011 dari Constantine Films yang menampilkan aktor Orlando Bloom dan aktris Milla Jovovich.

Sekarang, reborn The Three Musketeers dibuat secara kolosal dengan biaya produksi yang fantastis mencapai 72 juta euro (hitung sendiri ya bila dirupiahkan banyak). Dibagi dua; Bagian pertama, The Three Musketeers: D’Artagnan yang akan kita saksikan dalam waktu dekat ini di bioskop.

Untuk bagian kedua, The Three Musketeers: Milady, akan tayang pada akhir tahun atau Desember 2023. Film kerja sama Perancis, Jerman, Spanyol, dan Belgia ini berhasil membawa kita back in time memasuki lorong waktu kembali pada zaman kejayaan aristokrasi Perancis abad 16 hingga ke-19.

Tiga Ksatria Pengawal Raja atau The Three Musketeers berlatar Perancis pada tahun 1625. Dalam alurnya film ini menceritakan patriotisme Tiga Ksatria yakni Athos (Vincent Cassel), Aramis (Romain Duris) dan Porthos (Pio Marmaï).

Namun, sebenarnya tokoh utama di sepanjang film ini adalah D’Artagnan (diperankan François Civil) yang tidak bergabung dalam kelompok Musketeers karena usianya yang terbilang muda belum mencukupi, yang menyebabkannya bergabung di bawah pimpinan Monsieur Des Essarts. Namun, peristiwa demi peristiwa membuat D’Artagnan pada akhirnya berhasil bergabung dengan kelompok Musketeers.

D’Artagnan seorang pemuda charming yang berasal dari daerah pedalaman di Gascony, atas perintah ayahnya dia menuju Paris untuk bertemu dengan Monsieur de Treville, kapten para Musketeers yang juga sahabat ayah D’Artagnan. Ayahnya menuliskan surat dan memerintahkan anaknya itu untuk menemui Treville dan meminta bergabung menjadi Musketeers, yaitu satuan elit ksatria pengawal raja. 

Dalam perjalanannya D’Artagnan hampir mati ketika berupaya menyelamatkan seorang wanita yang hendak diculik oleh perempuan misterius.

Setibanya di Paris, dia tidak sengaja malah terlibat masalah dengan Three Musketeers yang masing-masing mengajaknya bertarung. Akhirnya setelah saling mengenal mereka menjadi akrab. D’Artagnan berhasil tiba di tempat tujuan dan menemui Monsieur de Treville. D’Artagnan bersama ketiga musketeers itu kemudian membongkar rencana jahat Kardinal Richelieu (Eric Ruf) yang ingin menjebak Ratu Anne (Vicky Krieps).

Pusaran konflik film ini berujung asmara, di mana D’Artagnan jatuh hati kepada salah satu orang kepercayaan Ratu Anne. Ratu Anne, istri Raja Louis XIII diketahui berselingkuh. Makin kompleks dengan intrik politik Kardinal Richelieu yang ingin agar Perancis berperang melawan Inggris.

Perselingkuhan, intrik politik, pertempuran, pengkhianatan, persahabatan dan konspirasi menjadi pemikat dramatis keseluruhan film, baik The Three Musketeers: D’Artagnan dan The Three Musketeers: Milady. Film ini dinilai mampu mengekspresikan novel dalam visualisasi sinematografi kolosal yang cukup detail, membuat para penontonnya seperti tak sabar untuk menyaksikan seluruh bagian; satu dan dua sekaligus, karena ingin nambah. Addicted!

The Three Musketeers: D’Artagnan

Genre Film:
Adventure, History
Produser:
Dimitri Rassam
Sutradara:
Martin Bourboulon
Penulis:
Matthieu Delaporte, Alexandre de La Patelliere
Casts:
Francois Civil, Vincent Cassel, Romain Duris, Pio Marmai, Eva Green, Louis Garrel, Vicky Krieps, Lyna Khoudri, Jacob Fortune-Lloyd, Eric Ruf
Durasi:
121 Menit

Latest Posts