Penyebab Sulit Menyalakan Motor

Jika sepeda motor dalam kondisi prima, maka semuanya akan berjalan normal. Baik itu dari mulai saat dinyalakan, dikendarai sampai ke tempat tujuan. Tapi terkadang masalah timbul saat pemilik kendaraan mulai menyalakan sepeda motor, terutama ketika di pagi hari saat akan berangkat kerja atau aktifitas lainnya.

Pengendara.com-Tentunya ada penyebabnya dan harus ditelusuri oleh pemilik motor tersebut. Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, penyebab sepeda motor sulit untuk dihidupkan tentunya ada beberapa penyebab dan harus ditelusuri oleh Pemilik Kendaraan. Situasi seperti ini memang tak bisa dihindari, namun dapat diminimalisir terjadinya dengan memperhatikan kondisi komponen dalam motor secara berkala.

Ada beberapa penyebab sepeda motor susah untuk dihidupkan atau dinyalakan,

1. Masalah pada Aki

Aki/accu atau baterai merupakan sumber energi yang berfungsi menyuplai listrik ke bagian part elektronik lainya. Apabila tegangan dari aki/accu tersebut kurang, maka akan mempengaruhi sistem start engine. Aki/accu yang lemah biasanya mempunyai ciri-ciri diantaranya, layar speedometer terutama yang menggunakan model LCD tampilannya redup. Begitu juga dengan nyala lampu yang tidak terang serta klakson yang tidak bunyi.

Pada kondisi normal aki/accu memiliki tegangan 12,4 volt. Apabila menemukan aki/accu yang tegangannya di bawah 12,4 volt, dapat segera dilakukan pengisian ulang/charging atau jika dalam kondisi usia yang melewati batas maka harus diganti dengan yang baru.

2. Kerusakan pada kelistrikan

Jika kondisi accu/aki masih normal. Seringkali kerusakan terdapat pada bagian kelistrikan salah satu contohnya adalah Relay starter yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari aki/accu ke starter ini juga berperan penting untuk proses menghidupkan sepeda motor.

Apalagi semakin canggihnya sepeda motor sekarang ini bahkan sudah tidak menggunakan kick starter sehingga fungsi relay ini sendiri semakin penting. Posisi dari relay sendiri ada di antara aki/accu serta motor starter. Ketika relay rusak tak ada sumber listrik yang dialirkan dari aki/accu untuk daya menghidupkan sepeda motor.

3. Spull mengalami kerusakan

Spull juga berpengaruh untuk menghidupkan sepeda motor. Karena spull adalah sumber energi untuk proses pembakaran pada kompresi mesin, energi yang dihasilkan spull akan disalurkan melalui coil, yang nanti akan diteruskan ke busi sebagai energi yang dijadikan menjadi percikan api untuk proses pembakaran pada ruang kompresi. Spull yang mati atau rusak tentu akan menyebabkan sepeda motor susah dihidupkan, karena tidak ada pengapian untuk proses pembakaran pada kompresi.

4. Masalah pada Busi

Busi yang kotor, aus, rusak atau usia pakai yang melewati batas bisa menjadi penyebab sepeda motor susah dinyalakan. Busi bekerja dengan cara mengubah tegangan listrik menjadi percikan api yang membantu dalam proses pembakaran bahan bakar. Busi memiliki usia pemakaian setelah menempuh perjalanan 8.000 kilometer, lebih dari itu fungsinya akan mengalami penurunan sehingga kinerjanya busi tidak maksimal. Maka diperlukan penggantian busi setelah menempuh 8000 supaya kinerjanya busi tetap maksimal.

5. Bahan Bakar Habis

Dan jika semua komponen diatas dalam kondisi normal, apalagi sepeda motor yang masih baru bisa jadi penyebab susah menyalakan sepeda motor adalah karena bahan bakar didalam tangki dalam kondisi kosong atau habis. 

Solusinya cukup kunjungi SPBU atau Pom Bensin terdekat. Tapi jika bahan bakar masih ada dan semua dalam kondisi normal, bisa jadi masalah terjadi karena aliran bahan bakar tersumbat akibat kotoran atau kemasukan air.

Untuk mengatasi masalah ini lakukan pengecekan untuk bagian selang bahan bakar atau filter fuel pump, lalu bersihkan untuk area yang tersumbat atau buang sumbatan yang ada pada selang atau filter fuel pump.

Selain itu, pada bahan bakar terdapat istilah bensin basi itupun yang bisa mengakibatkan motor susah dihidupkan apalagi di awalan motor hidup misal di pagi hari. Pengertian bensin basi adalah bensin yang sudah lama berada di fuel tank motor dan motor tersebut sudah lama tidak dipakai sehingga terkontaminasi dan mungkin juga ada penurunan nilai oktannya.

Dan beberapa kasus yang terjadi ketika hendak menyalakan sepeda motor dan tidak mau hidup adalah karena standar samping yang merupakan fitur side stand switch atau standar samping terutama pada sepeda motor jenis skutik Honda masih dalam kondisi terbuka dan belum dilipat.

Latest Posts