Free Porn

Tiga Jenis Tali ‘Kunci’ Helm yang Wajib Diketahui

Helm wajib dipakai saat mengendarai sepeda motor agar safety riding. Berbagai macam helm yang beredar di sini, mulai dari helm yang dipergunakan harian hingga helm yang diperuntukan hobi dan balap. Tetapi tahukah Anda ada tiga jenis tali helm yang ada di Indonesia ini.

Pengendara.com-Tiga jenis yang dimaksud adalah Quick Release, Micro Metric dan tali helm yang Double D ring. Ketiganya itu mempunyai fungsi yang sama. Sebagai kunci perangkat keamanan. Yuk kita simak pembahasan dari helm G2, PT Poliprima Cipta Unggul (PCU).

Tipe yang pertama Quick Release. Model ini pasalnya model yang paling banyak dipasaran. Karena tali yang disematkan di helm ini pada umumnya digunakan sebagai helm harian, atau helm standar. Quick Release ini akan ditandai dengan bunyi klik. Sebagai tanda sudah di kuncinya helm.

“Cara pemakaian Quick Silver sangat mudah. Pengait besi di ujung tali dimasukan ke dalam gesper sampai bunyi klik. Lalu buat melepasnya, pengemudi tinggal menggeser tuas di gesper. Ini helm yang pas untuk harian dan touring,” kata Marjana, Direktur Helm G2 PT PCU.

Ia menuturkan, tipe yang berikutnya adalah Micro Metric. Yakni pengembangan dari model sebelumnya. Ketika digunakan model ini bukan bunyi klik tapi ‘krek‘. Karena pengait tali helmnya berbentuk gerigi. Lalu bagaimana melepas tali helm ini? Mudah. Saking mudahnya saat biker masih menggunakan sarung tangan pun bisa untuk melepas tali helm model ini.

“Membuka gesper dengan cara menarik tali,” ungkapnya.

Selanjutnya jenis tali helm Double D Ring. Berbeda dengan model kedua sebelumnya. Double D Ring tidak memiliki gesper. Tapi helm ini diikat menggunakan simpul di dua perangkat besi yang berbentuk huruf D. Lalu ujung talinya ditempel dengan kait khusus.

“Biasanya helm dengan kunci Double D Ring ini digunakan sebagai helm balap sebagai standar keamanan.

“Tapi ingat bukan berarti semua helm dengan tali Double D Ring ini bisa dipergunakan untuk balap. Jangan disalahartikan. Tentunya kalau helm balap itu standar keamanannya pun berbeda dengan helm harian,” ujarnya.

Semoga bermanfaat untuk para pengendara motor dan para biker. Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas setiap saat.

Latest Posts