Tim Kingland Kawasaki JKW PWI Kunjungi NTT

Tim Kingland Kawasaki telah berhasil menyelesaikan misinya singgah di 25 provinsi di Indonesia. Ada sembilan provinsi yang belum di selesaikannya lagi. Kini empat rider itu sudah di Nusa Tenggara Timur, eksplor kampung adat Bena.

Pengendara.com-Indrawan Ibonk, Sonny Wibisono, Aji Tunang Pratama dan Yanni Krishnayanni adalah empat rider yang menunggangi Kawasaki. Keempat penunggang ksatria dari wartawan Nasional PWI ini tiba di kampung adat Bena usai menempuh perjalanan trek yang berbagai Medan. Kedatangannya ini disambut Yosef dan Mama Emi. Beberapa tahun sebelumnya Yanni pernah datang sehingga Yanni tidak perlu memperkenalkan dirinya.

Kampung Bena adalah salah satu perkampungan megalitikum yang terletak di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, sekitar 19 kilometer selatan Bajawa. Kampung yang terletak di puncak bukit dengan view gunung Inerie.

Penduduk Bena termasuk ke dalam suku Bajawa. Mayoritas penduduk Bena adalah penganut agama katolik. Umumnya penduduk Bena, pria dan wanita, bermata pencaharian sebagai peladang. Untuk kaum wanita masih ditambah dengan bertenun.

Kampung Bena kabarnya telah ada sejak ribuan tahun alu. Hingga kini pola kehidupan serta budaya masyarakatnya tidak banyak berubah. Dimana masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat yang diwariskan oleh nenek moyang mereka.

“Di kampung adat Bena ada 5 rumah adat dan 4 rumah bambu di huni 10 kepala rumah tangga kalo ada yang ingin membangun rumah tembok mereka harus meninggalkan rumah kampung rumah adat,” ungkap Yosef, seorang pria yang merupakan warga sekitar.

Rumah adat yang di tempati Yosef sudah berdiri tahun 1992 tapi terbakar tahun 2013 menghanguskan semua isi rumah dan api juga merembet ke rumah adat sampingnya karena jaraknya cukup dekat. Dan di tahun 2018 dibangun kembali rumah adat yang sama persis besar dan ukuran rumah dengan adat ritual menghabiskan biaya sangat besar dengan memotong babi 50 ekor dan kerbau dua ekor serta seekor kuda, total di rupiahkan mencapai 500 juta.

Tentunya cerita tersebut tidak hanya diungkapkan oleh kalimat per kalimat saja, tetapi ke empat rider yang mengendarai dua Kawasaki KLX dan dua Kawasaki W175 TR itu mengabadikan panorama dan masyarakatnya di jepretan demi jepretan yang menghasilkan frame gambar bercerita.

Keberhasilannya untuk menembus jalur yang beraneka ragam tidak terlepas dari dukungan ban Jaguar, Kingland Tire serta Apparel Contin yang sangat pas untuk perjalanan jauh.

“Semoga perjalanan kami dilancarkan dan dapat menyelesaikan tugas yang belum terselesaikan. Tinggal sembilan provinsi lagi yang belum kami singgahi,” tutur Sonny Wibisono, seorang rider yang juga merupakan jurnalis otomotof1.com.

Gaspol tim JKW PWI sehat dan tetap jaga jarak serta berhati hati di jalan.

Latest Posts