Toyota Luncurkan All New Land Cruiser dan New Fortuner, Ini Alasannya

Mengawali tahun 2022 PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan dua kendaraan model Sport Utility Vehicle (SUV) yakni All New Land Cruiser dan New Fortuner yang di gelar secara virtual pada Kamis (13/1).

Pengendara.com-Kehadiran dua kendaraan yang ditanamkan teknologi canggih serta fitur keamanan dan kenyamanan ini didasari oleh peningkatan minat konsumen lokal maupun global.

“SUV sudah menjadi jenis kendaraan yang sangat diminati di Indonesia,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM dalam kata sambutannya saat peluncuran.

Toyota All New Land Cruiser memiliki dua varian yakni VX-R yang diklaim lebih nyaman dan berkelas, sebab varian ini didesain lebih premium dari segi interior maupun eksteriornya. Dan beberapa bagiannya terdapat emblem ‘Exclusive 70th Anniversary’ untuk menandakan sejarah produksi Land Cruiser.

Dari segi interior All New Land Cruiser memiliki ruang bagasi yang lebih luas dengan Power Back Door with Kick Sensor. Selain itu juga terdapat fitur Digital Video Recorder, Wireless Charger, Rear Seat Entertainment, serta Electronic Parking Brake with Brake Hold.

All New Land Cruiser memiliki tenaga yang buas karena dibekali mesin V6D-turbo 3.346 cc yang menjadikan konsumsi bahan bakar tidak boros. Selain itu kendaraan ini dirancang dengan platform TNGA-F dengan sistem suspensi Double Wishbone di bagian depan serta 4-link Coil Suspension di bagian belakang.

Sedangkan pada varian GR Sport terdapat penambahan fitur Stability Control dan Adaptive Variable Suspension yang telah teruji serta dilengkapi Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) dan Electronic Differential Lock di keempat rodanya.

Varian ini memilik fitur dan interior paling mengagumkan sebab sudah dilengkapi Surround Monitor yang berfungsi menampilkan beberapa fitur pintar, dimana fitur pintar tersebut berupa Blind Spot Detection, Moving Object Detection (MOD), Lane Departure Warning dan Headway Monitoring Warning (HWM).

Model kedua yang diluncurkan adalah New Fortuner yang hadir dengan beberapa perubahan menarik terutama segi kekuatan mesin atas permintaan konsumen agar menghadirkan pilihan mesin yang lebih bertenaga dengan torsi lebih besar.

Kini New Fortuner hadir dengan mesin diesel berkode 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler dan 2GD-FTV 2.393 cc 4 silinder VNT Intercooler menjadikan tenaga New Fortuner lebih besar 36%, dan torsinya lebih tinggi sekitar 25%.
Mesin 1GD memiliki waktu akselerasi 0-100 km/h selama 11,9 detik, sedangkan mesin 2GD memiliki waktu akselerasi selama 14 detik.

Pada kecepatan 60-80 km/h mesin 1GD memiliki waktu akselerasi lebih cepat, yaitu 2,8 detik. Sementara, mesin 2GD 3,7 detik.
Sama dengan Land Cruiser, New Fortuner juga dihadirkan dengan tipe GR Sport yang memiliki sistem penggerak roda 4×4 dan mesin diesel 1GD. Pada tipe GR Sport disematkan fitur Downhill Assist Control dan Easy 4×4 Switch.

Terlepas dari kelengkapan fitur berkendara, desain interior dan eksterior New Fortuner dibuat lebih sporty dengan sentuhan DNA motorsport Toyota Gazoo Racing.

Kini New Fortuner hadir dalam delapan tipe, yaitu 2.8 4×4 GR Sport A/T, 2.8 4×2 GR Sport A/T, 2.8 4×2 VRZ A/T, 2.7 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 VRZ A/T, 2.4 4×2 G A/T, 2.4 4×2 G M/T dan di pasarkan di kisaran harga Rp 2.327.800.000,- hingga Rp 2.381.800.000,- serta Rp 521.600.000,- hingga Rp 684.500.000,-

Latest Posts