Taduluko Menjadi Universitas Terbaik Diajang #AksiMudaIndonesia Bangkit Kembali

Pengendara.com, Jakarta — Universitas Tadulako Palu terpilih menjadi Best of The Best di acara #AksiMudaIndonesia yang diadakan oleh Asuransi Astra dengan mengajak korban bencana alam Sulawesi Tenggara (Sulteng) Bangkit Kembali melalui program Ujalup (Usaha Jamu Celup).

Kegiatan sosial yang diadakan Asuransi Astra bersama dengan seluruh mahasiswa di Indonesia, kemudian di proses melalui penyaringan proposal yang masuk dan diselenggarakan secara virtual pada (14/10) telah memilih satu pemenang dari setiap pilar yang diusung pada ajang tersebut.

Mereka adalah Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSISFO) Binus University dengan program Book Ground untuk pilar pendidikan, LPM Menteng Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) dengan program BRIKA untuk pilar lingkungan, HIMA D3 Stikes Budi Luhur Cimahi dengan program LANSIA SEHATI untuk pilar kesehatan, dan Agriculture Research & Development (ARD) Universitas Tadulako Palu dengan program UJALUP pada pilar income generating activity.

Dari 12 finalis terpilih yang telah mengikuti serangkaian kegiatan ini tidak diarahkan, semua finalis hanya menjalankan dan menyeleksaikan aksi sosial yang dicanangkan, tetapi Asuransi Astra memberikan bekal melalui webinar inspiratif, pendampingan dengan memberikan pendanaan pelaksanaan kegiatan serta bimbingan dari para mentor yang mengarahkan agar aksi sosial yang dicanangkan membawa dampak yang maksimal.

Dewan juri yang terdiri dari Gunawan Salim, Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra sekaligus Project Director #AksiMudaIndonesia; Diah Suran Febrianti, Head of Environment and Social Responsibility Astra dan William Gondokusmo, CEO & Founder Campaign.com menetapkan pemenang berdasarkan kecakapan presentasi, pengerjaan program, hasil program yang telah dijalankan, hingga strategi pasca program terlaksana.

Pemenang di pilih berdasarkan masing-masing pilar yaitu pilar pendidikan, terdapat program Book Ground yang diusung HIMSISFO Binus University untuk mengajak anak usia 5-13 tahun yang memiliki ekonomi rendah di Jakarta Barat untuk belajar membaca, pada pilar lingkungan LPM Menteng Unwahas menginisiasi program BRIKA yang memberikan alternatif pengganti bahan bakar rumah tangga dengan memanfaatkan limbah kain yang ada di Desa Godong.

Pada pilar kesehatan HIMA D3 Stikes Budi Luhur mencanangkan program LANSIA SEHATI yang memberikan bantuan kepada lansia untuk mandiri dalam memperhatikan kesehatannya, serta pada pilar income generating activity terdapat ARD Universitas Tadulako Palu yang menjalankan program UJALUP untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat kurang mampu di Hunian Tetap Kel. Tondo dengan usaha jamu celup. Kontribusi yang terlaksana dalam #AksiMudaIndonesia ini diharapkan dapat memberikan dampak berkelanjutan ke depannya.

Asuransi Astra juga memberikan kategori pementang tambahan sebagai tanda apresiasinya kepada seluruh finalis, yakni dengan terpilihnya Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) Universitas Majalengka dengan program SIMOISEN (Sistem Monitoring Infusan Pasien) sebagai pemenang Special Mention karena aksi sosialnya dalam menciptakan inovasi pada layanan kesehatan serta mendukung akselerasi penanganan pandemi yaitu sistem untuk monitoring cairan infus dimana dapat meringankan kinerja tenaga kesehatan.

Selain itu juga terdapat penghargaan Best of The Best dalam #AksiMudaIndonesia yang memperoleh nilai terbaik, memiliki perkembangan yang baik pada kemampuan tim, dan tentunya memiliki dampak yang paling besar dari aksi sosial yang diusungnya tersebut, yaitu ARD Universitas Tadulako dengan program UJALUP.

“Terima kasih karena sudah mempercayakan program sosialnya untuk diwujudnyatakan bersama Asuransi Astra. Semoga seluruh niat baik yang kita laksanakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan membantu terwujudnya SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan dunia khususnya bidang pendidikan berkualitas, penanganan perubahan iklim, kehidupan sehat dan sejahtera, serta pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi,” ungkap Rudy Chen selaku CEO Asuransi Astra.

Latest Posts