Begini Tips Merawat Motor di Musim Hujan

Motor Anda harus memerlukan kasih sayang yang lebih di musim hujan. Berikut tipsnya

Pengendara.com-Menghadapi musim hujan, para pengguna sepeda motor harus makin waspada dalam berkendara di jalan. Selain itu, perlu diperhatikan juga perawatannya di musim hujan sehingga kondisi motor tetap terjaga dengan baik.

ā€¯Menghadapi kondisi hujan, bagi pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati saat di jalan. Tidak hanya itu, perawatan motor pun harus dilakukan di musim hujan agar terhindar dari kondisi yang mengganggu fungsi motor untuk digunakan beraktivitas,ā€¯ ungkap Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Berikut tips perawatan sepeda motor saat musim hujan dari Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers,

1.Kebersihan Motor

Disarankan motor dibilas setelah terkena hujan. Selain membuat kondisinya lebih bersih dan enak dipandang, tujuan lainnya agar terhindar dari gangguan pasir atau kotoran-kotoran yang dapat merusak komponen pada sepeda motor.

2. Cek Rantai (khusus motor penggerak rantai)

Dikarenakan terkena air hujan maka rantai menjadi cepat kering dan mudah berkarat, oleh sebab itu jika sudah terkena hujan sebaiknya rantai dicek dan dapat dilumasi dengan pelumas khusus rantai.

3. Busi

Jika motor terpaksa melewati genangan yang cukup tinggi, sebaiknya pastikan mesin dalam keadaan mati. Tetapi jika terlanjur melewati genangan tersebut yang mengakibatkan motor mogok, maka bisa jadi terdapat masalah di sistem pengapiannya. Lakukan pengecekan busi, kepala busi, dan kap busi. Dan jika sudah terkena air disarankan untuk dilepas kepala businya lalu dibersihkan dan dikeringkan, lalu dipasang kembali. Dan apabila pengendara motor tidak paham untuk membuka busi, disarankan untuk menghindari genangan air yang tinggi dan apabila mogok dapat menghubungi Service Kunjung Yamaha (SKY) agar dapat dijemput ke lokasi.

4. Ban

Cek kondisi ban dan pola kembang ban dengan mengecek tekanan udara ban. Diharapkan kondisi tekanan ban tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah serta pastikan ban tidak gundul agar terhindar dari sliding yang membahayakan pengendara saat musim hujan.

5. Knalpot

Jika melewati genangan air terutama yang cukup tinggi yang menyebabkan air bisa masuk ke knalpot, maka motor bisa mogok. Dan apabila knalpot sudah masuk dan terendam air disarankan untuk tidak langsung menghidupkan motor. Bisa menghubungi Service Kunjung Yamaha (SKY) atau ke bengkel resmi terdekat untuk menanganinya. Karenanya disarankan untuk menghindari atau mencari rute dan jalan alternatif lain.

6. Kampas Rem

Apabila kampas rem terkena air hujan terutama dengan intensitas yang cukup lama, maka mengakibatkan timbul bunyi. Untuk perawatan cukup mudah yaitu dengan cara dilepaskan komponennya lalu dikeringkan dan dibersihkan. Jika kampas rem mengalami aus, sebaiknya diganti. Namun jika konsumen kurang paham cara untuk melepas komponen tersebut dapat mengunjungi dealer resmi Yamaha terdekat.

Latest Posts