Berikut Siswa Berkreativitas dan Inovasi Best Student dari Jabar

PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Main Dealer sepeda motor Honda di Indonesia kembali mengajak para pelajar setingkat Sekolah Lanjutan Tengah Atas (SLTA) untuk beradu kreatifitas dan inovasi dalam program AHM Best Student 2021.

Pengendara.com-Mengusung tema “Satu Hati Meraih Prestasi”, program ini merupakan salah satu komitmen AHM untuk turut melahirkan generasi muda yang produktif di berbagai kondisi, termasuk di masa pandemi yang menantang ini.

Untuk mencari perwakilan terbaik dari Jawa Barat, DAM membuka pendaftaran AHM Best Student sejak tanggal 24 April hingga 30 Juni 2021. Seluruh calon peserta wajib mengirimkan karya tulisnya dalam bentuk materi presentasi dan video. Ada 35 siswa/siswi yang telah mengirimkan karya tulis terbaiknya berdasarkan dengan kategori yang sudah ditentukan.

Program ini membuka empat kategori ide program yaitu Program Pendidikan & Kebudayaan, Program Kepedulian Lingkungan & Kesehatan, Program Pemberdayaan Ekonomi/UKM, dan Inovasi Teknologi.

Dari 35 siswa dan siswi yang telah mengirimkan karya tulisnya, kemudian disaring dan dilakukan penjurian secara internal oleh juri internal DAM. Ada 10 peserta terpilih yang maju ke tahap selanjutnya untuk mengikuti seleksi AHM Best Student Regional Jawa Barat yang diselenggarakan secara virtual, (14/7).

General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Lerri Gunawan mengatakan memasuki tahun pelaksanaan ke-19, program AHM Best Student memiliki beberapa kategori yang berfokus pada berbagai isu yang marak di tengah masyarakat. Para peserta digali kemampuannya dalam kreativitas gagasan, dampak yang dihasilkan, potensi keberhasilan penerapan, kekuatan penyajian data dan sumber informasi, serta kemampuan presentasi yang dimiliki.

“Program ini diharapkan dapat melahirkan harapan baru bagi masyarakat khususnya generasi muda dalam hal yang kreatif, cerdas dan bermanfaat. Kami juga berharap karya dari para generasi muda ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka saja, namun berdampak untuk sesama,” ujar Lerri.

Dalam proses penilaian, hasil karya para peserta dinilai 4 kriteria penilaian utama yakni orisinalitas idea atau gagasan, dampak yang diberikan, implementasi ide dan analisa data.

Adapun empat pemenang dari masing-masing kategori, adalah Sabna Nurul Hasanah dari SMK Telkom Bandung yang membuat aplikasi untuk memudahkan siswa-siswi mencari lokasi Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Pemenang selanjutnya ada dari SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang bernama Hanifah Rahma Fitriah sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan dan kesehatan, siswi kelas XI jurusan Akutansi ini membuat ide Penanggulangan Sampah Masker Medis.

Selain itu, pemenang ketiga adalah Aufa Hanun Zahiyah dari SMA Negeri 3 Bogor yang membantu dalam pemberdayaan ekonomi dan UMKM dalam pembuatan industri kreatif di masa Pandemi di wilayah Bogor. Pemenang keempat atau terakhir, Rizki Maulana dari SMK Teladan Kertasemaya Indramayu dengan membuat ide Buku Panduan penanganan ketika motor terendam banjir.

Siswa-siswa tersebut akan mewakili Jawa Barat di ajang AHM Best Student tingkat Nasional untuk berkompetisi dengan pemenang dari provinsi lain di Indonesia.

Latest Posts