Kupas Tuntas Detail Mitsubishi Xpander AP4, Pemenang Rally

Tentunya sobat pengendara sudah mengetahui Mitsubishi Xpander Cross yang launching setahun lalu. Rifat Sungkar membangun Mitsubishi Xpander AP4 dari Xpander Cross. Yuk lihat keunggulan Xpander AP4 ini.

Pengendara.com-Modifikasi yang sempurna yang telah dilakukan Rifat Sungkar dan tim Raliart Selandia Baru untuk mengubah Mitsubishi Xpander Cross menjadi Mitsubishi Xpander AP4. Tujuan perubahan tersebut untuk mendukung rally dan membawa nama baik Indonesia di kancah internasional. Saat di Tanjung Lesung, beberapa waktu lalu, pembalap Indonesia kelas internasional, Rifat Sungkar berhasil meraih kemenangannya bersama Xpander AP4.

Kemenangan ini tentunya tidak lepas dari dukungan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang telah mempercayakan roda empatnya ini ke Rifat. Namun, apakah sobat pengendara mengetahui apa saja keunggulan Xpander AP4?

Sekilas sosok Xpander AP4 hampir sama dengan Xpander Cross. Tetapi bila dilihat secara detail bentuk Xpander AP4 sangat menakjubkan dan macho serta keren. Mempunyai perbedaan dari sisi wajah depannya. Bentuk bumper depannya lebih besar, demi mendapatkan handling balap sempurna. AP4 mempunyai aerodinamis yang lebih baik agar corneringnya berjalan baik. Dibagian depannnya juga terlihat dua lubang di kap mesin. Maklum saja cc engine meningkat dari 1500 menjadi 1600cc yang dilengkapi dengan turbocharge.

“Sisi samping Xpander AP4 juga terlihat perbedaan, keseluruhannya mencapai 1820 milimeter. Xpander AP4 tetap disematkan spackboard warna hitam di bagian atas rodanya. Berbeda dengan spionnya. Yang penempatannya lebih mundur dari peletakan spion sebelumnya. Karena tempat duduk saya juga mundur, berada di tiang Xpander. Spion ini lebih kecil dan aerodinamis,” kata Rifat Sungkar di channel YouTubenya.

Ia mengatakan, dengan adanya perubahan posisi kendali dan spion yang lebih ramping tersebut agar pandangan melebar ke depan lebih leluasa dan lebih baik. Dengan ini, handling lebih mantap dan dapat bermain di kecepatan tinggi. Seluruh kaca samping yang berada di pintu dibongkar digantikan dengan plexiglass. Tujuannya agar Xpander AP4 lebih ringan bobotnya, 8 kilogram dari standarnya. Sirkulasi udara hanya mengandalkan kaca slider kecil di pintu kemudinya.

“Masukan angin itu tidak hanya di sini tetapi terdapat di aeroskop yang menempel di atas depan tengah. Aeroskop ini terbuat dari karbon. Dan ada beberapa celah lainnya untuk sirkulasi udara,” katanya.

Xpander AP4 yang dipergunakan Rifat di sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, (10-11/4/21) berhasil mencatat rekor 10 menit 8,2 detik ini, pada sisi pintu belakang sudah dilengkapi dengan overfender yang berukuran 1820 mm. Garis tekukan khas Xpander itu tujuannya untuk kenyamanan di segala trek.

“Beralih ke bagian belakang. Xpander AP4 telah dilengkapi Wing. Ada dua wing yang ditancapkan di sini, wing besar dan kecil. Wing besar berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara saat kecepatan tinggi. Sementara yang kecil untuk hembusan udara di jalan berliku. Untuk bagasi belakangnya karbon dengan kaca plexiglass. Pertemuan dibagian samping antara overfender dengan bumper langsung dikombinasikan dengan posisi exchaust dibagian tengah,” katanya.

Interior

Ada keunggulan tersendiri interior Xpander AP4 ini. Interiornya sangat berbeda dengan mobil yang ada di showroom. Dashboardnya sangat bersih dan tidak ada celah lubang udara serta tidak terdapat pernak pernik tombol. Keseluruhan doortrim terbuat dari karbon dan hanya terlihat untuk tarikan pintu dan tali.

“Ini merupakan standar balap, agar terjadi penghematan. Lebih ringan guna mendapatkan handling yang bagus. Mobil sport itu semakin ringan makin bagus corneringnya,” ujar Rifat.

Setir dilengkapi 11 tombol, bisa dilepas agar memudahkan masuk ke dalam kabin pengemudi. Ke-11 tombol itu mempunyai fungsi yang berbeda, diantaranya ada tombol wiper, lampu, lampu sein, klakson dan lain sebagainya dalam satu kontroling.

Xpander AP4 yang ikut serta di balap pinggir pantai itu dilengkapi jok kuping. Bangku ini sangat aman jika terjadi goncangan kiri dan kanan apalagi tertimpa accident. Kepalanya tetap aman dan nyaman. Tempat duduknya telah dikombinasi dengan safetybelt balap. Untuk bagian pedal gas, rem dan kopling tidak standar. Telah diubah yang dirakit dari bawah ke atas.

“Pada sisi tengah interior kabin depan ada dua tongkat, rem tangan dan tongkat gearbox. Di kabin pengemudi juga terlihat main switch, ignition serta switch lainnya. Semua kontroling Xpander AP4 menggunakan Power Distribution Modul (PDM). Mobil ini sudah dilengkapi dengan pemadaman api otomatis,” tuturnya.

Lalu, bagaimanakah dibagian dalam belakangnya? Adanya rolebar (penopang yang terbuat dari besi) dengan desain keamanan dan kenyamananya untuk Xpander AP4. Tangki bahan bakar juga diletakan dibagian bawah belakang yang dapat menampung 80 liter. Selain itu dibagasinya terdapat dua ban pengganti (serep). Toolkit, terdapat juga intercooler yang di dalamnya berisi air.

Mitsubishi Xpander AP4 sudah dipersenjatai 4wheel drive (perputaran empat roda). Tataletak dapurpacunya juga berbeda dengan mesin standar Mitsubishi Xpander.

“Sudah menggunakan 4 wheel drive 1600cc. Mesin yang safety untuk kelas balap. Tenaganya dapat mencapai 300-340 hp. Sementara untuk kaki-kakinya, Xpander AP4 sudah travelsuspensi, 9 inchi, sangat nyaman. Pengeremannya brembo. Berat mesin 1600cc turbo hanya 1230 kg. Dengan transmisi sadev 6 speed sequentiel dengan suspensi MCA+controller Arm and Crossmember. Differential sadev dan ECU Motec,” ujarnya.

Latest Posts