IIMS Hybrid 2021 Jadi Contoh Event Terapkan Prokes Ketat

Memasuki pelaksanaan IIMS hari kelima (19/4), protokol kesehatan berbasis pedoman CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environmental Sustainability) dilaksanakan dengan baik.

Pengendara.com-Terlihat satgas Covid-19 tersebar merata pada seluruh area pelaksanaan IIMS Hybrid 2021 di JIExpo Kemayoran. Pengaturan jarak aman setiap pengunjung diatur secara ketat oleh satgas Covid-19. Masing-masing booth juga menyediakan hand sanitizer dan pengecek suhu tubuh bagi pengunjung yang hendak masuk ke area booth masing-masing brand. Pengunjung yang hendak melakukan Test Drive & Ride, harus mendaftar terlebih dahulu ke brand yang diinginkan untuk mendapatkan antrian Test Drive & Ride secara langsung di kawasan JIExpo.

Menparekraf Sandiaga Uno turut mengapresiasi pelaksanaan protokol kesehatan CHSE yang diterapkan pada IIMS Hybrid 2021 untuk dijadikan contoh.

“Event ini bisa menjadi semangat untuk semua penyelenggara event dan industri otomotif, ini adalah bagian dari semangat kita bangkit dari masa pandemi serta menjadi langkah strategis. Harapan kita agar event-event dapat terselenggara dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat dan disiplin sehingga semua merasa aman dan nyaman untuk menekan serendah mungkin potensi Covid-19,” jelas Sandiaga Uno.

Diketahui bahwa IIMS Hybrid 2021 adalah pameran otomotif pertama yang dilaksanakan sejak terjadinya pandemi Covid-19. Dyandra Promosindo melaksanakan IIMS kali ini secara hybrid, dimana pelaksanaan secara offline berlangsung di JIExpo Kemayoran dan secara online yang dapat disaksikan melalui laman www.indonesianmotorshow.com dan akun youtube IIMS_ID. Brand kendaraan roda empat terkemuka di Indonesia yang hadir pada IIMS Hybrid 2021 yakni BMW, DFSK, Honda, JEEP, MG, Mini, Mitsubishi, Prestige, Renault, Toyota dan Wuling. Kendaraan roda dua diwakili brand ternama seperti Astra Honda Motor, Benelli, Husqvarna, Italjet, KTM, Kawasaki, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Selis, asosiasi PAHAMI hingga puluhan brand Aftermarket selama sebelas hari gelaran IIMS Hybrid 2021.

Sesuai protokol kesehatan, pengunjung yang diperbolehkan masuk di area pameran yakni berusia 13 – 59 tahun dengan kapasitas 25% pengunjung. Setiap pengunjung akan mengikuti General Health Protocols dari masuk pintu masuk hingga memasuki area IIMS Hybrid 2021. Hal ini bertujuan untuk memastikan setiap pengunjung yang masuk aman dan melakukan protokol kesehatan. Rumpoko Hadi, ketua tim Satgas Covid-19 pada gelaran IIMS Hybrid 2021 menyampaikan bahwa semua elemen yang terlibat di event ini telah sepakat mengenai pentingnya implementasi protokol kesehatan sesuai pedoman CHSE dilapangan terlaksana.

“Tentu ini membutuhkan koordinasi, komitmen dan pengawasan ketat. Satgas akan terus memastikan penerapan prokes dan mengedukasi pengunjung dengan berbagai cara untuk mengingatkan mulai dari persuasif hingga tindakan lebih tegas apabila tidak menjalankan protokol kesehatan 3M. Satgas Covid-19 juga melakukan sterilisasi menggunakan disinfektan untuk barang dan area yang ada di event ini,” papar Rumpoko.

Berbagai fasilitas protokol kesehatan tersebar di beberapa area IIMS Hybrid 2021 seperti di area Hall C3 tersedia test Genose dan Swab oleh Sehat 365 di GPN, Hall C3, dan Drive Thru.  Selain itu terdapat Stellar di Hall C3 & D2, Bumame dan Medithru di D2 pada area IIMS Hybrid 2021. Lebih dari 50 personel Satgas Covid-19 dari berbagai unsur dibentuk oleh penyelenggara untuk selalu memastikan protokol kesehatan 3M. Tak hanya itu, tersedia puluhan tempat mencuci tangan di beberapa area pameran IIMS Hybrid 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Alur masuk dan keluar pengunjung pada setiap booth APM dan aftermarket juga diatur secara optimal. Hal ini merupakan salah satu langkah konkret penyelenggara untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 selama IIMS Hybrid 2021 berlangsung.

“Kami penyelenggara mengupayakan yang terbaik selama perhelatan IIMS Hybrid 2021 khususnya dalam penerapan protokol kesehatan dan penerapan 3M berbasis pada standar CHSE. Puluhan manpower kami kerahkan yang berfokus pada pengaturan protokol kesehatan di lokasi acara. Dengan hal ini, pengunjung tidak perlu khawatir untuk berkunjung secara tatap muka dan melakukan transaksi di IIMS Hybrid 2021,” kata Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo sekaligus Project Director IIMS Hybrid 2021.

IIMS Hybrid 2021 juga dikunjungi oleh beberapa tokoh influencer, salah satunya Dr. Tirta kemarin (18/4) yang dibuat kagum dengan penerapan protokol kesehatan di IIMS Hybrid 2021.

“Penerapan 3M sangat baik dari depan pintu masuk sampai masuk ke area pameran. Prokes ketat, terutama semua dealer dan brand yang hadir tidak menggunakan brosur itu yang aku suka. Mereka fokus menggunakan QR Code. Saya juga lihat Satgas Covid-19 yang bertugas level 3 terdiri dari volounteer, security, dan BNPB. Ini bisa jadi contoh untuk banyak event yang kedepan akan diselenggarakan,” kata dr. Tirta.

Dyandra Promosindo berharap standar protokol kesehatan yang diterapkan IIMS Hybrid 2021 dapat menjadi pioneer dalam perhelatan event hybrid di masa pandemi. Sehingga nantinya, peningkatan konsumsi masyarakat luas pada sektor otomotif dapat menjadi penanda adanya harapan baru di tahun 2021.

Latest Posts