BiJo ‘Robby’ Garage: Custom Indonesia Bagus, Tapi ada Pekerjaan Rumah yang Harus Dikerjakannya

Namanya tak asing di kalangan modifikator motor. Saat ditemui di IIMS Hybrid ia mengatakan bahwa dunia modifikasi roda dua di Indonesia ini sangat dipandang dan diperhitungkan diluar negeri. Tetapi ada Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dikerjakan para modifikator Tanah Air. Apa saja PR tersebut?

Pengendara.com-Hasil karyanya tidak lagi diragukan untuk ubah motor. Tentunya dari standar menjadi roda dua custom. Mungkin saja yang ia ambil hanyalah rangka dan mesin untuk memodifikasi motor tersebut. Banyak sudah karyanya yang sudah diwujudkan. Dari mulai custom caferacer, oldschool hingga lainnya. Bagi pria yang bernama Robby ini, bentuk ubahan custom tersebut sangatlah bervariasi. Dan karya modifikator Tanah Air sangat bagus.

“Menurut saya karya para modifikator di Tanah Air sangat bagus bagus dan menarik. Buktinya saja disini, di IIMS Hybrid, di booth Custom Show terpajang beberapa motor yang telah di modif. Sangat luar biasa customnya,” kata Robby yang biasa dikenal dengan sebutan dan bengkelnya BiJo Garage.

Dunia custom yang berkembang di Indonesia ini ternyata diperhitungkan diluar negeri. Berdasarkan informasi yang ia terima dari para builder senior Indonesia mengatakan bahwa perkembangan modifikasi Indonesia sangat berkembang. Builder luar acungkan jempolnya untuk hasil karya Indonesia.

Namun sangat disayangkan hingga sekarang ini masih ada PR yang mungkin harus dipecahkan para modifikator.

“Indonesia belum mempunyai ciri khas custom tersendiri. Para modifikator di sini masih saja berkiblat dari luar. Termasuk saya juga yang masih berpatokan dari luar negeri. Saya mengakui seandainya saja Indonesia bisa mempunyai ciri khas custom sendiri lebih baik ya. Sekali lagi terlepas dari itu semua bahwa modifikator luar negeri sangat mengakui hasil karya modifikator kita,” ucapnya kepada Pengendara.com.

IIMS Hybrid

Diakui olehnya bahwa custom show yang ditampilkan di IIMS Hybrid dari tanggal 15-25 April 2021 adalah modifikasi yang pernah tampil di ajang custom show sebelumnya.

“Membuat modifikasi itu kan tidak mudah, perlu adanya konsentrasi yang baik dan perlu adanya dana untuk mewujudkannya. Karena itu, wajar saja kalau yang mejeng di sini (IIMS Hybrid) merupakan custom yang pernah terjun di ajang custom show sebelumnya,” ujarnya.

Latest Posts