Program PBD Mendukung Siswa SMK Se Jawa Timur Lebih Siap Berkompetisi

Pengendara.com, Blitar — Guna meningkatkan kerja sama antara SMK dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia  Kerja (IDUKA) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyelenggarakan Gebyar Pintar untuk Wilayah Jawa Timur dan Bali.

Kegiatan Pintar Bersama Daihatsu ini merupakan salah satu dari empat pilar CSR ADM yang sudah berjalan sejak tahun 2008. Melalui pilar ini, ADM berkomitmen untuk mendukung pembelajaran murid-murid SMK, baik dalam hard skill, maupun soft skill. Selain itu, ADM juga membuka kesempatan bagi para lulusan SMK ini untuk bekerja di pabrik ADM. 

Acara yang dilaksanakan pada Jumat, 5 Maret 2021 dihadiri oleh Yoga Dina Suryawan, General Affair Division Head PT ADM dan Kirana Belly, Corporate Social Responsibility (CSR) Department Head PT ADM, perwakilan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Sarjadi Guyatno; perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Sekretaris Disdik, Dr. Ir. Ramliyanto, M.Sc.; Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Provinsi Jatim, Dr. Ir. Iwan Kurniawan, M.T. Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jatim Wilayah Blitar, Ramli serta  perwakilan 14 SMK dari beberapa wilayah di Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini, Daihatsu memberikan akreditasi kepada sekolah binaan Daihatsu serta menyerahkan donasi mesin dan transmisi sebagai dukungan bagi kegiatan pembelajaran di SMK. Dengan donasi ini, Daihatsu berharap murid-murid SMK dapat praktik langsung dalam pengoperasian mesin, sehingga lebih siap untuk terjun ke dunia kerja.

SMK Islam 1 Blitar merupakan salah satu SMK yang mendapatkan akreditasi A. Sehingga selain mendapat penghargaan, juga memperoleh kesempatan untuk membuka jasa service bagi masyarakat sekitar.

“Puluhan siswanya mendapat kemudahan dalam memperoleh pekerjaan melalui adanya program PBD. Bahkan ada sekitar 16 siswa SMK Islam 1 Blitar yang telah mendapat kesempatan bekerja di ADM sebelum dinyatakan lulus sekolah.” Kata Solihin Kepala SMK Islam 1 Blitar.

Program PBD bukan hanya sekadar kerjasama antara PT ADM dengan SMK, namun merupakan upaya link and match atau memadukan kebutuhan SMK dan dunia industri, sehingga motto Vokasi dapat menguatkan Indonesia pun segera terwujud.

Latest Posts