PerpalZ TV Gelar Sumatera Road Show 2021 Guna Bangkitkan Industri Transportasi Darat

Pengendara.com, Jakarta — PerpalZ TV channel YouTube yang membahas khusus dunia otomotif dan transportasi darat di Indonesia, berinisiatif untuk melakukan Sumatera Roadshow 2021 yang akan mengunjungi para pelaku usaha di bidang transportasi darat, khususnya 25 PO bus yang ada di Sumatera mulai dari Bandar Lampung hingga Medan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha transportasi darat untuk bangkit bersama karena telah menggerus permintaan layanan hingga 70% selama Pandemi Covid-19 berlangsung.

Kondisi pandemi berdampak langsung bagi industri transportasi darat khususnya bus, untuk itu perlu adanya upaya bersama untuk membangkitkan industri akibat pandemi ini dengan memberikan harapan positif kepada pelaku usaha dan masyarakat. 

Salah satu caranya mempertemukan para stakeholders dan pelaku usaha bus untuk membahas bisnis angkutan bus dan bagaimana bisnis dilakukan kedepannya, serta menginformasikan tentang perkembangan terbaru dunia bus termasuk infrastruktur pendukungnya.

“Dengan diadakannya Sumatera Roadshow 2021 bersama PerpalZ TV menunjukkan geliat industri transportasi darat khususnya bus. Roadshow ini juga akan melihat seperti apa infrastuktur jalan di Sumatera, jalan tol saat ini dari Lampung sudah sampai ke Palembang dan kita ingin menunjukkan keamanan dan kenyamaan selama perjalanan menggunakan bus,” ujar Kurnia Lesani Adnan, Founder dan Host PerpalZ TV dalam siaran persnya.

Dalam agendanya Sumatera Roadshow menggandeng PT Exxon Mobil Lubricants Indonesia untuk mendukung performa maksimal bus melalui pelumas yang berkualitas dan melindungi mesin untuk pemakaian yang lama. 

Roadshow ini ingin menunjukkan angkutan bus dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai sarana transportasi yang aman, nyaman dan handal, didukung semakin canggihnya teknologi bus saat ini, baik teknologi mesin, pendingin udara, kursi, ban, karoseri, hingga pelumas.

Sumatera Roadshow 2021 ini menggunakan bus Mercedes-Benz OC500 RF 2542 milik PO SAN, yang berlangsung mulai 15 Maret 2021 hingga 3 April 2021 dengan awal keberangkatan dari Jakarta langsung menuju Palembang dengan menggunakan jalan tol Jakarta-Merak, menyeberang ke Bakauheni, langsung masuk tol Trans Sumatera menuju Palembang.

Selanjutnya dari Palembang perjalanan akan turun ke Lampung, lalu melintasi pesisir barat menuju Bengkulu, lalu ke Jambi, Padang, kemudian naik ke Pekanbaru, dan Kota Medan Sumatera Utara. 

Roadshow ini akan menempuh total jarak sekitar 6.300 kilometer pergi pulang. PerpalZ TV juga akan meliput daerah-daerah wisata dan kekayaan kuliner daerah yang ditemui di sepanjang perjalanan. Diharapkan, liputan ini bisa membantu bangkitnya pariwisata di daerah yang juga terimbas oleh Pandemi Covid-19.

Sumatera Roadshow 2021 ini akan menemui lebih dari 25 pelaku usaha bus di Sumatera, Perpalz TV akan mengulik sejarah, teknologi, regulasi dan perkembangan dunia transportasi darat khususnya otobus di Indonesia. 

Di Sumatera Barat, PerpalZ TV juga akan menyambangi perusahaan otobus yang sudah sangat tua, yang surat izinnya diterbitkan oleh Belanda sekitar tahun 1930-an. Cerita sejarah bagaimana perusahaan otobus itu bisa berdiri dan terus bertahan hingga kini, tentu sangat menarik, dan bisa menjadi informasi berharga bagi pengusaha otobus lainnya.

Seremoni pembukaan dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Minggu (14/3). Penutupan akan dilakukan di Medan, di mana akan banyak pengusaha otobus dari Sumatera Utara dan Aceh akan berkumpul di Medan dan berbincang bersama. 

Dalam ekspedisi ini PerpalZ TV didukung penuh oleh Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, karoseri Laksana, Organda, PT Jasa Raharja (Persero), dan pihak-pihak lainnya.

PO Bus di Sumatera yang akan dikunjungi Sumatera Roadshow 2021 bersama Perpalz TV adalah PO Epastar dan PO Yoanda Prima di Palembang, PO Gumarang Jaya Bersama, Puspa Jaya (Bareka), PO PHB, PO Armada Penantian di Lampung, PO SAN , PO Putra Raflesia, PO CSH, PO Putra Simas di Bengkulu, PO Family Raya Ceria di Jambi, PO Transport, PO ANS, PO NPM di Padang, AJAP (Antar Jemput Antar Propinsi) dan AJDP (Antar Jemput Dalam Propinsi) di Pekanbaru serta PO Intra, PO Makmur, PO Bintang Utara Putra, PO Medan Jaya Simalem, PO RAPI, PO ALS, PO Putra Pelangi (Aceh), PO PMTOH (Aceh), PO Kurnia Group (Aceh), PO Sempati Star (Aceh) di Medan

Latest Posts