Mitsubishi Xpander Facelift Nyaman untuk Perjalanan Jarak Jauh

Mitsubishi Xpander Facelift adalah produk dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang dipersembahkan untuk menemani journey Anda. Inilah yang kami buktikan dengan trip Jakarta-Bandung-Yogyakarta, dan kembali ke Jakarta.

Pengendara.com-Mitsubishi Xpander Facelift adalah kendaraan yang di test drive oleh kami, pengendara.com. Untuk pertama kalinya pada beberapa lampau silam, kami sempat melakukan uji coba kendaraan ini di dalam kota Jabodetabek. Tetapi untuk saat ini kami mengetes kehandalan dan ketangguhan Xpander ini tidak tanggung-tanggung, Jakarta-Bandung-Yogyakarta selama seminggu.

Dipastikan Mitsubishi Xpander ini untuk test drive dalam kota tidak ada hambatan. Tetapi kami mendengar kabar bahwa Mitsubishi Xpander ini sangat nyaman dan aman untuk trip ratusan kilometer. Benarkah? Nah untuk menjawab penasaran kami, Mitsubishi Xpander yang berwarna silver ini diajak trek jauh.

Pastinya sebelum perjalanan tersebut, kami pastikan semua perlengkapan berkendara. Mulai dari pengecekan dongkrak, kunci roda, segitiga pengaman, serta tekanan udara yang ada di empat roda Xpander.

Setelah yakin dengan segala kelengkapan tersebut, kami menggas kendaraan yang sangat diminati oleh pecinta MPV. Selain tujuan untuk test drive, singgahnya kami ke Bandung karena adanya tugas redaksi. Saat mesin dihidupkan suaranya sangat halus. Apalagi start on off engine sudah menggunakan smartkey, adanya tombol on off dibagian dashboard.

Perjalanan kami ke kota Parahyangan tersebut berangkat dari Jakarta pukul 11.00 WIB, Minggu (28/3/21) tepatnya dari Jakarta Pusat. Di dalam Mitsubishi Xpander hanya tiga penumpang termasuk driver. Rute yang kami tempuh adalah langsung masuk jalan bebas hambatan.

Dengan posisi yang luas di kabin Xpander facelift membuat kenyamanan tersendiri untuk mengemudikan roda empat MPV ini. Selain ruang pengemudinya yang leluasa, suasana di dalam kendaraan ini lebih nyaman dengan sejuknya udara AC yang dipantulkan Mitsubishi Xpander, apalagi ditambah dengan entertainment yang membuat betah untuk berlama lama menyetir Xpander.

Perjalanan tol itu ditempuh dengan kecepatan rata rata 100-140 kilometer per jam yang disesuaikan dengan keadaan jalan tersebut. Menurut kami Mitsubishi Xpander semakin di tekan gas-nya semakin ngacir dan suspensinya pun sangat empuk. Sehingga kami pun memainkan Over Drive (OD) di jalan bebas hambatan. Ketika di on kan OD, Xpander facelift ini semakin bertenaga. Tarikannya pun makin gesit dan meluncur cepat. Jarum penunjuk kilometer terlihat 140 kilometer. Mobil XPander tetap stabil dan saking nyamannya, mobil ini terasa pelan, padahal kecepatannya sudah di atas maksimum jalan tol.

Setir kemudinya bersahabat, lurus, stabil. Perlahan kecepatan itu dikurangi hanya 100 kilometer per jamnya. Alhasil Xpander facelift tahun rakitan 2020 ini tetap memberikan ketenangan untuk kami yang berada di dalamnya. Pengereman di jalan bebas hambatan tersebut juga dapat diunggulkan. Tidak buang kiri kanan, tetap ajeg, gigit.

Hanya dua jam kami tiba di Bandung, Jawa Barat. Keluar di tol Kopo kami langusng menuju lokasi bertemu narasumber di Bandung Kotanya. Usai keluar tol, sempat macet. Kemacetan itu tak membuat kami risau, karena Mitsubishi Xpander ini matic dan sangat mudah dioperasikan transmisinya.

Singkatnya, pukul 21.00 WIB, dari Bandung Jawa Barat, langsung tancap gas masuk tol menuju trip berikutnya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selama di jalan bebas hambatan itu kecepatan rata rata hanya 100-120 kilometer per jam.

Setelah tiga jam kami berkendara lintas tol Palimanan menuju Semarang, kami singgah di rest area. Di sini kami tak lupa untuk kontrol tekanan udara ban. Ternyata tekanannya masih oke. Hanya 15 menit di tempat peristirahatan ini.

Kami melanjutkan perjalanan dengan Mitsubishi Xpander facelift dengan kecepatan yang normal 100 km per jam. Ditengah perjalanan tol tersebut kami menemukan jalan yang bergelombang. Namun Xpander ini tidak memberikan goncangan yang keras, suspensinya sangat lembut. Kembali rasa kenyamanan dirasakan oleh kami. Ternyata jalan yang bergelombang itu tidak hanya sekali, tetapi ada beberapa kali selama di tol. Namun kami tidak khawatir dengan Mitsubishi Xpander facelift yang memberikan kenyamanan bagi kami.

Sorotan Lampu Xpander

Yang lebih nyamannya lagi ketika jalan di malam hari itu, sorotan lampu Xpander facelift memberikan penerangan maksimal. Pancaran sinar lampu LED Xpander ini sangat menjangkau ke seluruh pandangan jalan. Apalagi lampu dim mobil MPV ini sangat jauh sorotannya. Padahal suasana penerangan jalan tol itu tidak begitu terang. Namun penerangan Xpander sangat mumpuni. Pelang penunjuk jalan di tol terlihat jelas. Mitsubishi Xpander facelift sangat oke untuk dikendarai malam hari. Waktu yang kami tempuh dari Bandung ke Yogyakarta 9 jam, tentunya dengan singgah beberapa kali di rest area.

Keliling Kota Gudeg

Selama di Yogyakarta usai menemui narasumber, kami berkeliling di Daerah Istimewa itu. Diantaranya rute yang kami tempuh yaitu, jalan Jenderal Sudirman, jalan Malioboro dan ke kawasan pasar perak. Trek jalan mulus ini membuat laju Xpander semakin percaya diri menggelindingkan rodanya. Dari jalur perkotaan hingga lajur desa kami singgahi, yakni pasar perak.

Sebelum ke pasar perak, kami menuju Malioboro. Situasi kini berbeda dengan keadaan sebelum pandemi. Namun, kami melihat di kota Gudeg ini MPV Xpander berpelat nomor polisi AB banyak mewarnai jalan pusat perbelanjaan pakaian.

Kemudian kami lanjutkan perjalanan ke arah pabrik bakpia pathok 25. Masuk jalan menuju ke sini sangat sempit. Namun tidak membuat kendala Xpander. Dengan bodinya yang khas, MPV ini tetap parkir di area pusat makanan oleh oleh khas Yogyakarta.

Kesimpulan

Mitsubishi Xpander facelift sangat pas menemani aktifitas Anda sehari hari. Dalam kota maupun luar kota. Xpander tak memandang jarak tempuh. MPV ini sangat mengerti akan mobile perjalanan yang beraneka ragam.

Saat di jalan tol, roda empat ini stabil. Melaju dengan tekanan gasnya. Apalagi di on kan OD, makin gesit untuk mendahului kendaraan lainnya. Pengeremannya dapat diandalkan. Setirnya tetap stabil.

Bagian kabin Xpander facelift ini sangat luas sehingga membuat kenyamanan tersendiri untuk si pengendaranya. Hiburan yang dipersembahkan mobil ini pun sangat memanjakan telinga. Sehingga berkendara menjadi tenang dan nyaman.

Mitsubishi Xpander tak lagi diragukan untuk perjalanan malam. Sorotan lampu utamanya membuat percaya diri driver untuk terus melajukan kendaraan pada posisi gelap sekalipun. Xpander ini tetap menyinari area yang ada di depannya. Apalagi lampu dim nya sangat maksimal, yang dapat diunggulkan.

Sementara untuk bahan bakarnya irit dibandingkan dengan kompetitor mobil MPV lainnya. Namun kekurangan Xpander ini menurut kami adalah tidak difasilitasi penguncian pintu otomatis ketika jalan. Kemudian, tuas rem tangannya terlalu panjang.

Namun begitu Xpander facelift ini tetap kami referensikan untuk Anda sebagai kendaraan yang siap berkeliling menemani kegiatan Anda.

Untuk bagasi Mitsubishi Xpander sangat leluasa. Apalagi seat baris ketiga dilipat. Memberikan penempatan barang bawaan Anda lebih banyak lagi.

Latest Posts