Anniversary Emas Maserati Bora

Maserati merayakan Bora, mobil bermesin belakang pertama yang dipasang di tengah dalam sejarah Merek, sama seperti MC20 adalah kendaraan bermesin belakang yang dipasang di tengah pertama di Era baru.

Pengendara.com-Angin Maserati Bora berlangsung selama 50 tahun sejarah, dan mencapai awal fase baru untuk Merek: semua model baru berbagi keeksklusifan, sporty dan keunikan yang selalu menjadi ciri konstruktor Modenese, dan Bora juga telah menurunkan posisi mesin, pertama kali diperkenalkan pada Tipo 63 (1961), awalnya diganti pada MC12, dan sekarang menjadi fitur utama MC20 baru. 

Tepat 50 tahun telah berlalu sejak 11 Maret 1971, ketika Geneva International Motor Show menjadi latar untuk debut Maserati Bora, yang diproduksi hingga 1978 dengan 564 mobil yang dibangun, belum lagi Boomerang yang spektakuler, prototipe coupé yang dibuat oleh Giugiaro dengan teknik futuristik dan bodywork berbentuk baji.

Mengikuti tren yang telah merevolusi mobil balap Formula 1 pada tahun-tahun sebelumnya, Maserati meminta Giorgetto Giugiaro dari Italdesign untuk menghadirkan mobil sport bermesin tengah dengan peningkatan kinerja, desain, kenyamanan, dan keselamatan. Mesinnya telah dicoba dan diuji 4.700 cc V8 yang menghasilkan 310 tenaga kuda pada 6.000 rpm (akan digabungkan dengan unit 4.900 cc dua tahun kemudian), dipasang memanjang pada subframe yang dipasang pada monocoque. Fitur khas mobil ini termasuk lampu depan yang dapat ditarik untuk mencegah tarikan aerodinamis, memproyeksikan perbedaan pada poros belakang, suspensi independen di semua roda (untuk pertama kalinya di Maserati), rem cakram, kopling cakram tunggal yang dipasang kering, gearbox 5-percepatan, dan teleskopik, peredam suspensi.

Bora menggabungkan kenyamanan dan kinerja serta memiliki kecepatan tertinggi lebih dari 280 km per jam, memastikan kenikmatan berkendara yang luar biasa berkat respons mesin yang luar biasa lincah dan interior yang senyap.

Sementara desain teknik mobil mengusung nama Giulio Alfieri, aerodinamika dan gaya dibuat oleh Giorgetto Giugiaro, yang menciptakan coupé dua tempat duduk dengan garis-garis sederhana dan elegan yang memberikan penampilan seimbang pada Maserati Bora. Pendekatannya futuristik, dengan bagian depan yang rendah, ramping, hampir meruncing untuk menembus udara, sedangkan gril depan termasuk dua ventilasi udara persegi panjang dengan Trident di tengahnya. Sisi-sisinya yang ramping sempurna dipisahkan secara terpusat oleh trim karet hitam tipis, sedangkan bagian belakangnya diakhiri dengan Kamm atau ekor yang terpotong.

Hasilnya adalah mobil yang ramping dan penataan tren yang sempurna untuk semangat rock-and-roll tahun 70-an, yang masih menyenangkan penggemar hingga saat ini.

Latest Posts