Kisah Albert, CEO Kawansakti yang Sukseskan Enam Dealer Kawasaki

Mungkin namanya tidak familiar di kalangan pecinta otomotif. Namun figur seorang pria yang bertubuh tinggi ini pengalamannya sudah sepuh di otomotif roda empat dan roda dua. Berikut kisah CEO Kawansakti, dealer Kawasaki, Bekasi Timur.

Pengendara.com-Ramah, sopan dan santun serta murah senyum, sosok yang ada di diri Albert. Pria yang saat diwawancarai memakai pakaian baju putih ini menuturkan kisahnya membangkitkan Kawansakti. Dari satu dealer hingga melebarkan sayapnya menjadi enam dealer Kawasaki yang tersebar di enam area kini.

Dengan nadanya yang khas tersebut, Albert mengungkapkan secuil kisah perjalanan usahanya di dalam mendobrak kancah otomotif roda dua. Ia berawal dari pekerjaannya yang menjadi sales di salah satu perusahaan mobil terkenal. Di perusahaan itu, tahun 1980-an ia memegang amanah untuk penjualan agar target yang ditetapkan perusahaannya tercapai. Dengan programnya dan tahapan yang sudah ditetapkan dan direncanakan olehnya, Albert berhasil perlahan meraih sukses di penjualannya itu.

Ia pun di promosikan jabatan menjadi seorang atasan. Dengan kerja kerasnya dan pemikirannya nan cemerlang ia kembali menorehkan hasil yang luar biasa. Perusahaan roda empat yang digelutinya makin mengudara. Nama perusahaan yang telah berjaya itu menjadi besar.

Singkatnya ia mendapatkan tawaran dan tantangan yang berbeda. Ia dipercaya untuk mengelola dealer Kawasaki yang ada di Bekasi Timur. Ketika itu hanya ada lima dealer besar yang ada di Jabodetabek di tahun 1995. Dan brand Kawasaki pun tak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

“Tugas saya ketika itu memperkenalkan image Kawasaki di masyarakat ketika itu. Saya akui saya harus bersusah payah untuk menaikan nama Kawasaki. Dan menjual motor Kawasaki. Jangankan ada yang pesan, dilirik saja tidak ketika itu. Benar benar dengan perjuangan yang keras dan berusaha dengan sekuat tenaga bersama tim,” cerita Albert mengenang perjuangannya.

Ia bersama tim Kawansakti tidak mudah menyerah. Segala usaha untuk mendongkrak dan membawa nama harum Kawasaki terus digiatkannya. Dari mulai penawaran yang perlahan hingga penjelasan secara detail untuk produk Kawasaki kepada masyarakat. Namun gigihnya ia bersama tim menuai hasil yang maksimal, walaupun dengan peribahasa harus berdarah darah terlebih dahulu.

“Akhirnya dengan perlahan brand Kawasaki mulai menguat di masyarakat. Apalagi ketika keluarnya motor Ninja 250. Yang membawa kejayaan Kawasaki sebagai motor sport. Dari sinilah usaha Kawansakti tumbuh perlahan hingga sekarang ini.

Ia mengakui besarnya Kawansakti merupakan kerjasama relation yang sangat baik. Kawansakti ada enam dealer, Bekasi, Margahayu, Kebun Jeruk, Bintaro,, Cikupa Tangerang, Serang dan Rangkasbitungang berpusat di Cikupa, Tangerang. Sebagai CEO, Albert mempunyai program jangka pendek. Memperkuat di sisi Sumber Daya Manusia untuk keseluruhan tim yang ada di enam dealer tersebut.

“Saya akan perkuat SDM di network service dan sparepartnya. Ini sebagai kunci keberhasilan,” ucap Albert.

Bila ekonomi sudah stabil rencananya ia akan mengembangkan usaha bisnisnya ke wilayah lain. Mungkin di tahun 2022 akan adanya perluasan area untuk Kawansakti. Saat ini yang diperlukan adalah mencoba survive dan bertahan di masa pandemi covid-19.

“Mengenai penjualan Kawasaki di tahun lalu menjadi tahun yang sangat sulit. Saya berdoa agar di tahun ini penjualan Kawasaki di Kawansakti kembali normal dan stabil,” kata Albert kepada Pengendara.com, Selasa (2/2/21).

Aftersales

Ia mengatakan, untuk aftersalesnya ia akan memberikan pengenalan sosialisasi terhadap sepeda motor. Karena ia melihat ada beberapa pemilik motor Kawasaki yang masih saja belum mengetahui cara perawatan yang baik dan benar. Ini yang akan disosialisasikannya.

“Jangan sampai pemilik motor abaikan perawatan rutin sehingga timbulnya biaya yang besar untuk memperbaiki roda duanya akibat banyaknya kerusakan di motor Kawasaki itu,” ucapnya.

Eratkan Hubungan dengan Club Komunitas

Yang perlu diketahui adalah selama ini Kawansakti tidak hanya menjual motor saja, tetapi Kawansakti juga menjalin hubungan yang baik terhadap komunitas ataupun club motor Kawasaki. Saking konsentrasinya menjalin eratnya silaturahmi antar komunitas Kawasaki, pihaknya membentuk Kawasaki Dealers Community.

“Kawasaki Dealers Community (KDC) adalah jembatan ATPM Kawasaki ke komunitas ataupun club motor Kawasaki yang ada di seluruh Indonesia. Dengan harapan seluruh aktivitas club’ ataupun komunitas bisa dikoordinir oleh KDC. Misalnya ada kegiatan di wilayah Bogor, maka yang mengambil peranan adalah 18 dealer yang ada di Jabodetabek,” katanya yang juga merupakan KetuaKDC.

Tahun 2018-2019 Kawasaki ada event Kawasaki Fest Day. Event tersebut dikelola oleh dealer yang ada di wilayah tersebut. Dan ada momen tahun tahun sebelumnya seperti Jambore, ulangtahun anniversary dan lain sebagainya. Tahun 2020, KDC tidak ada kegiatan. Tetapi KDC ini tetap jalan.

Latest Posts