Tahukah Anda Agar Ban Tidak Mudah Kempis Saat Lama Parkir? Simak Tipsnya

Ban merupakan yang vital untuk kendaraan apapun. Berkurangnya tekanan udara di roda itu tak akan nyaman. Yuk baca tips agar ban kendaraan Anda tidak mudah kempis.

Pengendara.com-Situasi pandemi Covid-19 saat ini membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah saja, akibatnya motor kesayangan jadi lebih sering terparkir saja. Masalahnya hal ini bisa menyebabkan ban motor jadi kempis!

Walaupun secara alami ban akan berkurang tekanan anginnya, ada beberapa cara yang bisa Sobat FDR lakukan untuk memperlambat proses tersebut sekaligus menjaga ban agar lebih awet. Berikut tipsnya yang dikutip dari fdrtire.com.

Pertama, Usahakan ban diisi terlebih dahulu sampai dengan tekanan angin ban yang direkomendasikan. Untuk ban FDR, gunakan tekanan angin 29 psi untuk ban depan. Untuk ban belakang, tekanan anginnya adalah 33 psi. Tekanan angin ban masih bisa ditambah atau dikurangi hingga 2 psi, disesuaikan menurut kenyamanan pengendara. Karena motor tidak akan digunakan untuk lama Sobat FDR bisa gunakan rekomendasi tekanan angin maksimal.

Kedua, Sebaiknya isi ban dengan nitrogen karena nitrogen tidak mengandung uap air sehingga ban lebih terjaga tekanan anginnya. Nitrogen juga memiliki molekul yang lebih besar dibanding oksigen sehingga udara di dalam ban yang diisi nitrogen akan lebih lama keluar melalui katup ban.

Parkir motor menggunakan standar tengah atau gunakan standar paddock untuk motor sport. Hal ini berguna agar ban depan dan belakang tidak mengalami tekanan dari beban motor. Tekanan yang sama hanya pada satu sisi ban bisa membuat ban jadi kempis dan merusak struktur karet ban.

Beri alas pada ban bisa berupa kayu, styrofoam kardus atau alas lainnya yang ada di rumah. Intinya adalah agar ban tidak bersentuhan langsung dengan permukaan lantai yang dingin dan lembab karena bisa membuat ban lebih cepat kempis.

Pilih tempat parkir yang teduh. Jika terpapar sinar matahari terus-menerus ban jadi keras akibatnya, ban bisa jadi licin karena traksi minim.

Selain itu, pastikan motor sudah dalam keadaan bersih agar tidak berkarat, kosongkan tangki BBM untuk hindari risiko kebakaran, dan lepaskan aki motor agar aki tetap awet dan tidak kehilangan daya.

Latest Posts