Test Drive DFSK Glory i-Auto, si Mobil Pintar (Part 2)

Pengendara.com-Tulisan bagian kedua ini, saya akan memberikan ulasannya mengenai teknologi termodern yang disematkan di DFSK Glory i-Auto. Mobil ini sudah menggunakan smartkey, untuk stater dan off mesin tinggal tekan tombol on-off yang ada di dashboard.

DFSK Glory i-Auto menurut saya adalah mobil yang responsif, dapat dikatakan sebagai kendaraan pintar. Kenapa? Karena Glory i-Auto sangat cepat menjawab perkataan saya. Sandinya cukup mudah, “Hai Glory”. Dengan awal kata kunci tersebut, Glory i-Auto siap memanjakan Anda. Buktinya, ketika saya perintahkan untuk membuka kaca di pintu pengemudi. Glory i-Auto langsung mengiyakan dan melaksanakan perintah saya tersebut. Kaca pintu driver telah terbuka. Nah, untuk menutupnya kembali, saya kembali menyapa dengan kata sandinya, Hai Glory, closed window driver. Kendaraan DFSK made in Tiongkok type Glory i-Auto sudah dilengkapi dengan 100 kata yang mampu memanjakan diri Anda.

Misalnya lagi, saya ingin menikmati panorama atas kabin. Usai menyapa, saya langsung memerintahkan dengan kalimat, open the sunroof. Kaca sunroof dan sunset (hordeng) segera di buka. Wow. Kemudian, bila saya memerlukan petunjuk arah, saya hanya ucapkan Hai Glory, open navigation. Dan lain sebagainya yang masih banyak i-Autonya.

Sunroof di DFSK Glory i-Auto yang telah disematkan intelijent Auto.Foto Abdi/Pengendara.com

Bagi saya sebagai pengendara, saya tetap fokus dengan mengemudi, fokus pandangan ke depan dan konsentrasi membaca keadaan di depan dan sekitarnya agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman.

Dengan senjata i-Auto saya tidak lagi dibebankan untuk menyentuh tombol manualnya. Contohnya lagi, teriknya matahari di siang hari membuat saya sedikit gerah, saya ucapkan, Hai Glory, Im Hot. Dengan cepatnya si Glory mengecilkan derajat celcius AC, sehingga udara di dalam mobil semakin adem dan sejuk. Inilah sedikit ulasan i-Auto di DFSK.

Fasilitas lainnya adalah DFSK Glory i-Auto sudah dipersenjatai tombol elektrik. Terlihat setelan pada kursi depan pengemudi sudah menggunakan dua tombol. Satu tombol untuk maju-mundur kursi. Dan satu tombol lagi diperuntukan sandaran, tegak dan rebah.

Yang asyiknya lagi, rem tangan mobil ini juga sudah elektrik. Tombol rem tangan ini berada di antara dashboard dan boks tengah.

Penggerak kursi maju dan mundur serta sandarannya di jok pengemudi sudah elektrik.Foto Abdi/Pengendara.com

Jadi saya tidak lagi mengeluarkan tenaga untuk melepas ataupun menarik tongkat rem tangannya seperti yang ada di mobil lain. Rem tangan DFSK Glory i-Auto sudah otomatis. Yaitu, jika kita lupa menarik tombol rem tangan setelah kita matikan mesin, rem tersebut sudah berada di posisi mengerem.

Fitur lainnya adalah saya bisa melihat jalan yang rusak dibagian depan, sehingga saya dapat memantau situasi medan jalannya. Dan terbebas dari lubang ataupun dari jalan yang kasar. Setelan ini bisa diaktifkan dibagian touchscreen yang ada di layar depan atas dashboard.

Layar sentuh multifungsi yang ada di DFSK Glory i-Auto.Foto Abdi/Pengendara.com

Jadi tak heran bila saya cap mobil ini sebagai mobil pintar. Lalu, bagaimanakah DFSK Glory i-Auto di bagian suspensi dan bahan bakarnya?

DFSK Glory i-Auto mempunyai suspensi yang empuk. Saat di jalan rusak dan melintasi bebatuan kecil, Glory i-Auto goncangannya tidak terasa. Sehingga kenyamanan penumpang mobil itu tak berkurang.

Begitujuga dengan bagian pengeremannya yang sangat pakem. Walaupun mobil matic, sisi pengeremannya dapat diandalkan.

Bahan bakar yang dikucurkan di sini tidak boros. Wajar dengan kompresi mesinnya. Dapat dikatakan DFSK Glory yang mempunyai 1498 cc ini irit.

Latest Posts