Array

BMW R18 First Edition Telah di Pesan 20 Unit

Pengendara.com-BMW Motorrad Indonesia Selasa (24/11/20) memperkenalkan motor barunya, BMW R18 First Edition. Motor ini menjadi kendaraan roda dua yang paling banyak dinanti pecinta BMW. Betapa tidak, BMW R18 First Edition ini tidak melupakan ikon terlamanya, BMW R5, terlihat di bagian tangki bahan bakar dan dua striping yang melekat di kotak bahan bakar tersebut.

Begitujuga dengan modelnya yang sangat klasik dan di sisi gardannya masih terbuka agar terlihat lebih modern yang tidak meninggalkan kesan lawasnya itu.

Ternyata, BMW R18 ini sudah dibooking oleh 20 pemesan. Pembeli pertamanya yaitu Ariel Noah yang juga merupakan brand ambassador BMW Motorrad Indonesia. Untuk memenuhi pesanan tersebut, CEO BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans hingga akhir 2020 akan mendatangkan lima unit BMW R18.

BMW R18 First Edition.Foto Abdul Malik/Pengendara.com

“BMW R18 First Edition telah dipesan 20 unit. Untuk tahun ini kami menyediakan lima unit. Sisa pemesanannya tahun 2021 yang akan dipenuhi secara bertahap dan cepat. Sehingga konsumen pun tidak menunggu lama,” kata Joe Frans kepada pengendara.com, Rabu (25/11/20).

Ia mengakui bahwa motor BMW R18 yang mempunyai tiga mode berkendara ini, dijamin tidak akan lama indennya bagi konsumen yang telah melakukan booking sekarang. Walaupun motor mewah bernuansa klasik dibanderol dengan harga Rp969 juta off the road tidak membuat halangan pecinta BMW menikmati motor barunya. BMW R18 disematkan mesin big boxer yang ber cc besar di kelasnya, yakni 1802 cc.

“Banyak keistimewaan BMW R18 First Edition, diantaranya, roda dua ini bisa mundur dengan setelan yang sistimatis. Maklum saja, BMW R18 mempunyai berat 350 kilogram. Dengan adanya fitur itu, para pengendara tidak lagi direpotkan untuk memundurkannya,” ujar Joe Frans.

Tuas Mundur di BMW R18.Foto Abdul Malik/Pengendara.com

Konfigurasi dua silinder menghasilkan 91 tenaga kuda pada 4.750 rpm dengan torsi puncak 157 Nm di rentang putaran 2.000 – 4.000 rpm. Ada empat katup dengan camshafts overhead ganda di setiap silinder.

BMW R18 juga dilengkapi dengan perangkat BMW boxer klasik, kopling kering single-disc besar dan gearbox manual enam percepatan. Arsitektur yang mumpuni mampu meminimalisir getaran mesin yang besar.

Kenyamanan berkendara terutama saat melakukan perjalanan jauh diwujudkan melalui posisi kaki dan tempat duduk yang dirancang ergonomis tetapi tetap bergaya cruiser bagi sang pengemudi. Untuk BMW R 18, posisi alas kaki berada di bagian tengah, membedakan gaya cruiser motor ini dengan cruiser lainnya, tetapi justru keuntungannya membuat kaki tetap pada posisi santai.

Gardan BMW R18.Foto Abdul Malik/Pengendara.com

Membendung tenaga dan torsinya yang besar, sistem pengereman terdiri dari rem cakram ganda di depan dan tunggal di belakang, dipadukan kaliper empat piston untuk tiap remnya.

BMW R18 dibekali fitur-fitur menyenangkan penunjang berkendara. Ada tiga mode berkendara yang tersedia yaitu Rain, Rock dan Roll. Ketiga mode ini memiliki fungsi untuk mengatur akselerasi, cara kerja abs, ASC dan fitur keamanan lainnya.

Fitur keamanan yang paling terbaru di lini BMW Motorrad adalah engine drag torque control (MSR) sebagai peranti standar pada R18. Di tambahkan lagi fitur Automatic Stability Control (ASC) untuk mengatur sinkronisasi putaran roda belakang dan roda depan, meningkatkan faktor keamanan saat berkendara.

Latest Posts