The Day of Willys, Touring dan Baksos WOI di Gunung Bromo

    Meet and Greet, gathering of Willys Owners Indonesia (WOI) di kawasan Bromo Tengger Semeru National Park.

    0
    1078
    Willys Owners Indonesia (WOI) touring ke Bromo./Foto Ist FB dr Erry/Pengendara.com

    Pengendara.com—Willys Owners Indonesia (WOI) belum lama ini menyelenggarakan event The Day of Willys, Surabaya-Bromo pada 4-6 Mei 2018.

    Rangkaian acara diisi kegiatan bakti sosial yang bermanfaat bagi warga masyarakat, di antaranya pemberian toilet kontainer, penyerahan buku-buku pendidikan untuk SD/SMP di Tengger, pemberian Sign Board atau papan petunjuk arah, pemberian pohon untuk penghijauan, dan memberikan bantuan berupa sembako kepada warga di sekitar Tengger yang membutuhkan.

    Bakti sosial Willys Owners Indonesia (WOI) kepada masyarakat Tengger di kawasan Gunung Bromo./Foto Ist FB dr Erry/Pengendara.com

    Sebanyak 100 Jeep Willys dari WOI pada Sabtu (5/5/2018) dini hari lalu bergerak menuju kawasan Gunung Bromo bersama sekitar 200 anggota komunitasnya dari seluruh Indonesia. Konvoi Jeep Willys dalam jumlah besar ini baru pertama kali dilakukan.

    Founder WOI Albert Ibrahim mengungkapkan, butuh waktu cukup lama bagi rombongan Jeep kuno ini untuk sampai ke Bromo, mengingat kondisi kendaraan yang tidak bisa dipaksakan berjalan cepat.

    Bro Erry, salah satu members WOI//Foto Ist FB dr Erry/Pengendara.com

    Di antara penggemar dan pencinta Jeep Willys dr. Errawan R. Wiradisuria, Sp.B-KBD, M.Kes mengaku amat menikmati kegiatan yang bermanfaat bagi warga masyarakat ini, selain menyalurkan hobi mengendarai Jeep Willys kesayangannya Ford Willys ’44.

    Kondisi medan terberat ketika melalui tanjakan menuju puncak Gunung Bromo. Kegiatan WOI ini sudah berkoordinasi dengan BKSDA dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

    Bro Nanan (berdiri,Pembina WOI) dan Bro Erry WOI./Foto Ist FB dr Erry/Pengendara.com

    Pembina WOI mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Drs Nanan Soekarna mengatakan, WOI berkomitmen membantu mempromosikan wisata Indonesia ke dunia internasional. Promosi ini dilakukan melalui beragam kegiatan WOI yang anggotanya ada di seluruh Indonesia, salah satunya touring ke Gunung Bromo ini.

    Nanan menjelaskan, pemilik Jeep Willys sebenarnya tidak hanya ada di Indonesia, juga tersebar hampir di seluruh dunia.

    Dalam kaitan menggaet wisatawan mancanegara, Nanan bertekad menggelar tour Jeep Willys dengan skala lebih luas tahun depan. Rombongan WOI disambut hangat Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Drs Widodo Prihartopo MM.

    WOI di kawasan Gunung Bromo./Foto Ist FB dr Erry/Pengendara.com

    Selintas Sejarah Jeep Willys

    Willys menjadi simbol perang dunia kedua, dirancang Karl Probst di bawah kontrak American Bantam Company. Jeep Willys merupakan mobil pertama Jeep khusus atas permintaan pemerintah Amerika Serikat sebagai kendaraan tempur pada Perang Dunia II.

    Angkatan Darat AS memesan kendaraan tempur ringan pengganti Ford Model T pada Juli 1940. Mobil ini diharuskan memiliki spesifikasi daya angkut 272 kilogram, ground clearance kurang dari 914 milimeter, bobotnya 590 kilogram dengan sistem penggerak empat roda.

    Jeep Willys mulai diproduksi pada 20 Mei 1942 oleh Ford Motor Company. Produksi terbanyak oleh Willys-Overland dari Toledo, Ohio karena pihak ABC kesulitan memenuhi jumlah produksi yang diminta Amerika Serikat (AS). Willys bermesin M38A1 empat silinder 60 Tk dengan transmisi manual tiga percepatan, dan dua percepatan transfercase belakang.