Free Porn
Array

Kapankah Ban Motor Wajib Diganti? Berikut Tandanya

Pengendara.com—Biasanya pengendara motor mengganti ban motornya jika roda motor tersebut sudah botak. Bahkan, ada yang terlihat kawat bannya, barulah si pemilik motor tersebut mengganti ban dengan ban baru. Ini merupakan kebiasaan buruk yang musti ditinggalkan jika ingin nyaman dan selamat mengendarai sepeda motor.

“Ada cirinya bahwa ban motor harus diganti dengan roda yang baru. Perhatikan 3 huruf yang sedikit menonjol di bagian sisi luar ban luar. Huruf tersebut adalah TWI,” kata Pengusaha Ban, John yang membuka gerai ban di wilayah Depok, Jawa Barat.

Huruf TWI akan diambil tegak lurus dengan tanda ban yang harus diperhatikan/Pengendara.com

Jika permukaan TWI sudah rata dengan permukaan ban luar, maka ban tersebut wajib diganti, tanpa ada tawar menawar. Ia mengakui bahwa untuk menemukan tanda TWI harus secara teliti.

“Sejajar dengan huruf TWI tersebut akan terlihat sebuah tanda di bagian permukaan tapak ban, tepatnya di dalam alur ban. Tanda ini sangatlah kecil. Tanda ini biasanya ada yang berbentuk persegi panjang dan bujur sangkar. Nah, bila tanda tersebut sudah merata dengan permukaan ban, wajib hukumnya ban motor harus diganti,” kata dia.

Tire Wear Indicator (TWI) sudah rata dengan permukaan ban motor, pertanda ban wajib diganti/Pengendara.com

Berdasarkan pengalaman John yang biasa menangani ban motor, para bikers ada yang belum mengetahui tanda tersebut.

Latest Posts