Viar E-Cross Listrik.Foto Abdi/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Kami sangat tertarik dengan booth Viar yang memajang Viar E-Cross listrik. Dilihat dari sosoknya, sepeda motor ini sangat simple dan ramping yang berwarna hitam dop. Penasaran dengan teknologi yang disematkan di Viar E-Cross, kami menanyakannya dengan pihak Marketing Communication Viar Motor Indonesia, Frengky Osmond, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Viar E-Cross diperuntukan untuk pecinta offroad dan sepeda gunung yang suka berpetualang.Foto Abdi/Pengendara.com

Menurut Frengky Osmond, produk E-Cross telah diuji coba ketahanan dan kualitasnya di medan yang sangat menantang. Sepeda motor E-Cross ini untuk pehobi offroad atau sepeda gunung. Listrik disematkan di E-Cross hanya 3000 watt dengan lithium baterai smart bms.

“Walaupun ramping dan simple namun bobotnya sangat kuat. Bodi dan rangkanya dari depan hingga ke belakang menggunakan full alumunium. Bobotnya hanya 50 kilogram, sangat ringan. Untuk menunjang ketahanannya, tipe suspensi yang ditanamkan untuk depan adalah upside down, belakang monoshock. Dengan sistim pengereman cakram, disc brake pada kedua rodanya, depan belakang,” kata Frengky kepada Pengendara.com.

Monoshock belakang yang menambah penampilan macho.Foto Abdi/Pengendara.com

Harga yang ditawarkan oleh Viar sangatlah terjangkau, hanya Rp52 juta. Viar E-Cross dapat dikendalikan denga full speed hingga 80 kilometer per jam.

“Kami sudah melakukan di medan offroad, dengan lumpur dan bebatuan. Hasinya sangat memuaskan, baik untuk keseluruhan E-Cross,” ujar Frengky menutup wawancaranya.

Kami penasaran untuk menjajal E-Cross. Benar, ketika diputar gasnya sedikit sudah langsung menyentak. Dan, memang pas untuk pehobi yang suka offroad dan naik gunung. E-Cross ini memang ringan.

upside down adalah untuk penunjang roda depan.Foto Abdi/Pengendara.com
Dealer Suzuki