Toyota Kijang legendaris berhasil menempuh jarak 3.000 kilometer./Foto TAM/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Toyota Kijang adalah legenda MPV Indonesia. Kini, berlanjut dengan Toyota Avanza. Baik Toyota Kijang dan Avanza terjual lebih dari 3 juta unit, terhitung sejak generasi pertama Kijang dan generasi pertama Avanza, 2004.

Sebagai pioner kendaraan MPV Indonesia, Toyota Kijang yang sudah 40 tahun menemani 1,75 juta masyarakat Indonesia mampu menunjukkan kehandalannya dari generasi ke generasi dengan selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Ketangguhan kendaraan ini juga terlihat dari 7 mobil yang digunakan TKCI mulai dari Kijang generasi pertama (1977-1980) sampai generasi ke-6 (2015-sekarang) yang mampu menyusuri  rute  Independence Day Journey tanpa kendala.

“Karakteristik Toyota Kijang membuat mobil tetap tangguh digunakan untuk perjalanan jauh. Terbukti, mulai dari Kijang generasi pertama hingga terakhir yang kami gunakan pada perjalanan ini tidak ada kendala yang ditemui. Dan kami bersyukur bisa pergi dan kembali bersama-sama,” kata Ketua Pelaksana TKCI Deni Agus Himawan yang merasakan kenyamanan mengendarai Toyota Kijang.

Hadir sebagai kendaraan sederhana (basic Unit Vehicle/BUV) sebagai generasi pertama atau dikenal sebagai Kijang Buaya, Toyota Kijang telah berhasil bertransformasi untuk selalu menjadi pilihan utama keluarga Indonesia dari masa ke masa, seperti Kijang Generasi Kedua atau Kijang Doyok (1981-1985), Generasi Ketiga 1986-1996 (Kijang Super), Generasi Keempat 1997-2004 (Kijang Kapsul), Generasi Kelima (Kijang Innova) dan Generasi Keenam 2015-sekarang (All New Kijang Innova).

Saat ini, selain mampu menguasai lebih dari 90% segmen medium MPV pasar otomotif nasional, All New Toyota Kijang dengan komponen lokal sampai 85% juga telah menjadi salah satu andalan ekspor industri otomotif nasional yang dijual ke berbagai negara atau pasar global.

“Kami bersyukur, Toyota Kijang yang lahir di Indonesia telah berhasil masuk ke pasar global dan membawa nama Indonesia sebagai salah satu simbol kemajuan industri otomotif nasional,” kata Executive General manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Dealer Suzuki