FJ Cruiser Final Edition/Foto The Truth About Car/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.comToyota secara resmi meluncurkan Toyota FJ Cruiser edisi terakhir di Jepang belum lama ini. Toyota FJ Cruiser Final Edition merupakan representasi terakhir dari SUV bergaya retro kebanggaan Toyota. Tentu ada sejumlah perbedaan dengan FJ Cruiser standar, pada edisi final itu sektor penampilan sedikit berubah. Demikian seperti dilansir laman Motor1.

Untuk lebih membedakan sebagai edisi spesial, Toyota menyematkan side step, pelek alloy 20 inci dan spion ekstra di ujung depan dekat kap mesin. Pihak manufaktur mengatakan, penambahan itu dilakukan untuk meningkatkan sentuhan modern pada FJ Cruiser. Sementara gaya retro lain dari FJ Cruiser masih tetap dipertahankan.

Warna beige jadi ciri khas the last edition./Foto TTAC/Pengendara.com

Di balik kapnya yang semok, terpasang mesin 4,0 liter V6 yang dipadankan dengan trasnmisi otomatis 5-speed yang mengirimkan output ke penggerak empat roda. Sayangnya belum ada informasi detail soal jumlah unit yang diproduksi dengan label Final Edition. Harganya belum diumumkan.

Pihak Toyota menyatakan belum berniat memproduksi penerus dari FJ Cruiser. Kendati begitu, Toyota pernah memamerkan mobil konsep yang karakter dan DNA-nya mengambil sejumlah poin dari milik FJ Cruiser. Mobil konsep itu disebut dengan FT-4X dan pernah dipamerkan pada New York Auto Show 2017.

Warna pemanis hitam dan aksen krem beige juga tampak pada interior./Foto TTAC/Pengendara.com

Sementara itu, Toyota sejatinya masih memiliki Land Cruiser mewakili ketangguhan SUV. Di Frankfurt Motor Show 2017 bulan ini, New Land Cruiser itu dipamerkan. Selain itu, ada juga pickup double kabin Toyota Hilux yang menjadi edisi selebrasi perayaan 50 tahun pickup Toyota Hilux.

 

Dealer Suzuki