Lancia Stratos./Foto Carscoops./Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Ini dia mobil paling ramping se-dunia Lancia Stratos. Walaupun bentuknya ramping, mobil ini memiliki kekuatan lebih dari 550 horse power.

Bila ada satu hal yang ingin dilihat dari Lancia Stratos baru ini, Bertone Lancia Stratos HF Zero Concept tampak futuristik seperti potongan kendaraan di luar angkasa, tidak di aspal, demikian dilansir Carscoops.

Lancia Stratos./Foto Carscoops./Pengendara.com

Bertone Lancia Stratos HF Zero Concept adalah salah satu kendaraan paling tidak masuk akal pada era 70’an dan memiliki cerita yang menarik. Seperti yang diberitakan Autoweek pada 2011, HF Zero Concept terungkap setelah adanya persaingan antara dua rumah desain terbaik di industri otomotif, yakni Bertone dan Pininfarina.

Bertone’s HF Zero Concept seharusnya menjadi mobil yang membuat persaingan tersebut berakhir. Namun, sebelumnya Pininfarina berhasil membuat kendaraan lebih menakjubkan, mobilnya mejeng di Turin Motor Show tahun 1970 yang dijuluki Stratoslimite atau “Batas Stratosfer.” Mungkin karena bentuk desainnya itu seperti kendaraan luar angkasa.

Pininfarina membuat Modulo yang tingginya hanya 36,8 inci. Tak mau kalah, Zero Concept tambah ramping menjadi 33 inci. Persaingan desain mobil konsep tersebutlah yang kemudian menjadi inspirasi bagi Lancia Stratos.

 

Dealer Suzuki