Suzuki Jimny mempunyai banyak fitur yang ada di interior dan eksteriornya.Foto Abdi/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Penampilan Suzuki Jimny di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 menarik perhatian pengunjungnya. Apalagi tampang yang sangat ditunggu-tunggu ini menyematkan eksterior tegas. Ah masa sih. Yuk kita detailkan.

Suzuki Jimny hadir dengan tampilan eksterior yang tampak gagah dengan Iconic Front Grille yang lebih menonjol dan memiliki bumper antigores berbentuk honey comb sehingga tampak lebih tegas dan sporty. Perihal sistem pencahayaan, compact SUV ini dilengkapi dengan Fog Lamp ketika jalan berkabut atau hujan, serta LED Projector yang telah dilengkapi dengan Leveling Feature untuk mengatur tinggi rendah pencahayaan sesuai kebutuhan. Selain itu, Suzuki menyematkan Headlamp Washer yang dapat membersihkan lampu saat tertutupi lumpur atau kotoran selama perjalanan.

Pada bagian tepi atap, Suzuki Jimny dilengkapi Drip Rail yang mencegah air masuk ke dalam kabin saat membuka atau menutup pintu agar kenyamanan penumpang semakin maksimal. Sementara pada bagian bodi samping, pengaturan posisi kaca spion bisa diatur dari dalam secara elektrik melalui fitur Electric Adjustable and Foldable Mirror. Serta untuk memudahkan pengemudi, mobil ini juga dilengkapi dengan Turn Signal Lamp on Defender yang berfungsi memberikan tanda kepada kendaraan lain pada akan berpindah jalur. Jimny juga dilengkapi Over Fender yang berfungsi sebagai anti gores guna melindungi bodi dari gesekan atau serpihan batu saat berkendara. Tampilan eksterior ini juga semakin sporty dengan ban berukuran 195/80 R15 dengan desain Alloy Wheels warna Dark Metallic Gray membuat daya cengkram roda Jimny semakin kuat dan stabil.

Suzuki Jimny hadir dengan tampilan eksterior yang tampak gagah dengan Iconic Front Grille yang lebih menonjol dan memiliki bumper antigores berbentuk honey comb sehingga tampak lebih tegas dan sporty.Foto Dok Suzuki/Pengendara.com

Tak hanya itu, kesan gagah pada Jimny juga tampak di bagian belakang, di mana terdapat Rear Defogger yang dilengkapi wiper guna menjaga pandangan pengendara dengan jelas. Untuk berjaga-jaga ban rusak saat di perjalanan, tersedia ban cadangan berukuran 195/80 R15 yang terletak menempel di belakang pintu dan didukung oleh tools kit yang tersimpan di bawah luggage box sehingga proses penggantian ban lebih mudah. Jimny juga disempurnakan dengan Rear Combination Lamps dan fitur High Mount Stop Lamp sebagai tanda bagi kendaraan di belakangnya saat mobil melakukan pengereman.

Keseluruhan tampilan luar Jimny  generasi keempat yang tampil modis melalui pilihan warna single tone yang terdiri dari Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green serta two tone yang terdiri dari Kinetic Yellow + Bluish Pearl 3, Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3, Chiffon Ivory Metallic + Bluish Black pearl 3.

Interior dengan Visibilitas Tinggi

Pada bagian interior, Suzuki menyematkan nuansa serba hitam pada interior Jimny sehingga menonjolkan kesan sporty. Di bagian dasbor, material Jimny mudah dibersihkan, tidak licin dan mudah digenggam. Roda kemudi Suzuki Jimny terbuat dari bahan kulit yang disempurnakan dengan fitur kenyamanan bagi pengendara, seperti tilt steering yang dapat menyesuaikan posisi kemudi pengendara, audio control untuk mengatur audio pada steering wheel dengan mudah, koneksi Bluetooth dan cruise control, fitur canggih yang bertujuan menjaga kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas.

Pada bagian interior, Suzuki menyematkan nuansa serba hitam pada interior Jimny sehingga menonjolkan kesan sporty.Foto Dok Suzuki/Pengendara.com

Garis horizontal pada dasbor juga memberikan jarak penglihatan yang dapat membantu pengendara mengenali sudut kendaraan di medan jalanan yang ekstrem seperti  pegunungan. Saat bermanuver dan mengalami guncangan pada mobil, penumpang depan Jimny dapat berpegangan pada Ride in Assist Grip yang besar, kokoh dan mudah digenggam sehingga tetap merasa nyaman. Pengaturan suhu di dalam mobil diatur secara otomatis melalui fitur AC Auto Climate yang dilengkapi heater. Selain itu, dasbor Jimny terintegrasi Head Unit Touch Screen 6.8” yang dilengkapi dengan fitur USB, Bluetooth dan terkoneksi dengan smartphone. Panel Control yang terletak di bawah AC berfungsi untuk mengaktifkan Electronic Stability Programme (ESP) dan Hill Descent Control (HDC) serta tombol pengatur kaca spion.

Ruang kabin pada Jimny didesain lebih lega dan dapat memuat hingga empat penumpang dengan kursi baris kedua dapat dilipat serta pada bagian belakangnya dilapisi bahan yang mudah dibersihkan jika terkena noda dan kotoran. Selain itu, guna meningkatkan kenyamanan penumpang selama di perjalanan, Jimny menyematkan fitur Noise Vibration Harshness (NVH) yang mengurangi suara yang mengganggu, getaran dan gesekan pada saat bermanuver atau offroad.

Dealer Suzuki