Honda ADV150 mantap betul buat pengendara.Foto Abdi/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com–PT Wahana Makmur Sejati (WMS) yang merupakan maindealer Honda area Jakarta dan Tangerang menyerahkan satu unit Honda ADV150 kepada Pengendara.com. Serahterima produk Honda terbaru ini tidak hanya diserahkan begitusaja, tetapi Pengendara.com diberikan kesempatan untuk review dan test ride Honda ADV150. Waktu yang diberikan selama seminggu pada bulan Februari 2020 ini.

Saat melihat sosoknya, Honda ADV150 merupakan produk yang berfigur bongsor. Menurut kami (pengendara.com) motor ini adalah sepeda motor premium yang mempunyai dapur pacu 150 cc. Tampilan Honda ADV150 sangat oke dan macho. Mulai dari cover depan hingga sekeliling bodinya. Apalagi motor yang dipinjamkan kepada kami berwarna abu abu dop. Terlihat keukeur.

Penyerahan test ride Honda ADV150 dari staff Corcom Wahana Honda ke jurnalis Pengendara.com.Foto Abdi/Pengendara.com

Honda ADV150 ini dilengkapi dengan fitur berteknologi canggih. Bagi kami teknologi yang disematkan di sini sangatlah sempurna untuk menunggangi sebuah sepeda motor. Misalnya dilengkapi dengan keyles dan remotenya. Dibagian panel meternya pun sudah menampilkan semua yang ingin diketahui oleh para penunggangnya. Contohnya telah ditempelkan dengan tanggal dan bulan, jam, voltage accu, iritnya bahan bakar serta jarak tempuh yang sudah dijalani motor ini. Serta penunjuk bahan bakar. Semua ini diperlihatkan dengan angka dan huruf digitalnya.

Panel speedometer Honda ADV150 sudah digital dan sudah lengkap dengan fiturnya.Foto Abdi/Pengendara.com

Trek Gunung Sahari-Depok-Bekasi-Depok

Kesempatan yang diberikan oleh Wahana Honda kami pergunakan dengan sebaik-baiknya. Kami melintasi trek yang tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang. Yakni, Gunung Sahari (Markas Wahana Honda) menuju Depok, Jawa Barat-Bekasi-Depok.

Bagi kami posisi duduk pengendara sangatlah pas. Jok Honda ADV150 ini tidak terlalu lebar. Saya yang mempunyai tinggi badan 167 cm dan berat badan 58 kilogram ini sangat enak saat duduk di Honda ADV150, ketika kedua kaki saya diturunkan juga napak ke jalan.

Saat di gas, Honda ADV sudah menunjukan tarikannya yang mantap. Jalanan kosong, kami penasaran dengan memutar gasnya kembali. Ternyata dengan tambahnya kecepatan, Honda ADV150 ini semakin mantap untuk dikendarai apalagi di trek lurus dan jalan yang sangat mulus.

Perjalanan ini tak hanya mulus. Jalan yang sebagian aspal dan non aspal juga kami lintasi. Alhasil, Honda ADV150 tetap nyaman untuk berkendara. Kami pun penasaran dengan trek yang sedikit rusak dan banyak tanggul. Honda ADV150 ini tidak begitu bergetar ketika melintasi jalan bebatuan. Dan lebih asyinya lagi, menurut kami, suspensinya sangat empuk. Jalan rusak tidak begitu terasa ‘gajlukannya’. Honda ADV tetap menunjukan mantapnya. Kestabilannya tersebut mungkin karena Honda ADV150 dipersenjatai dengan double shock, double per dibagian belakang dan depannya.

Honda ADV150 mantap betul sebagai kendaraan roda dua yang dapat diandalkan.Foto Abdi/Pengendara.com

Lalu, bagaimanakah dengan pengeremannya? Combi Break System (CBS) yang ditanamkan di Honda ADV150 ini sangat mantap. Rem dadakan tetap stabil dan sangat menggigit. Ternyata yang membuat sistim pengereman tersebut karena cakram bagian depannya diposisikan pada bagian kiri roda. Sementara rem cakram belakangnya diletakkan di bagian kanan roda. Pengeremannya tidak goyang dan mantap. (Bersambung)

 

 

 

 

 

Dealer Suzuki