Rantai motor, ilustrasi./Foto Ist./Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Rantai motor kering? Tapi pelumas khusus untuk melancarkan rantai habis? Jangan khawatir, Anda dapat memakai minyak goreng. Dibandingkan pakai oli bekas, melumasi rantai motor dengan minyak goreng menjadi pilihan terbaik. Namun, pastikan menggunakan minyak goreng baru, bukan jelantah atau minyak goreng bekas pakai.

Seperti kita diketahui, penggunaan oli bekas pada rantai membuat rantai dan o-ring, gear cepat rusak, karena pelumasan tidak maksimal, rantai cepat memuai, debu menempel serta terdapat bekas serpihan mesin di oli bekas tersebut yang membuat rantai malah cepat aus.

Alasan memilih minyak goreng sebagai pelumas alternatif karena cairan nabati lebih bersih sehingga rantai bebas dari partikel berbahaya. Selain itu, minyak goreng lebih mudah didapat, tidak menimbulkan reaksi negatif untuk rantai, tidak menyebabkan pemuaian dan cenderung mudah dibersihkan daripada oli bekas.

Hanya saja, kemampuan minyak goreng dalam melumasi tergolong sangat rendah karena mudah habis. Makanya, saat menggunakan minyak goreng sebagai pelumas rantai, Anda harus sering-sering mengecek kondisi rantai, apakah sudah kering atau belum.

Jika sudah ada chain tube atau pelumas khusus rantai langsung gunakan saja, karena minyak goreng hanyalah pilihan saat pelumas tersebut habis. Jadi, untuk kondisi darurat saja yaa!

Dealer Suzuki