Kolaborasi track day McLaren di Sirkuit Sepang, Malaysia./Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—McLaren Jakarta bersama dengan McLaren Singapura dan McLaren Kuala Lumpur mengadakan kolaborasi track day untuk para pemilik mobil McLaren. McLaren Jakarta sendiri memboyong 13 mobil yang khusus diberangkatkan dari Jakarta dan Bandung sekaligus dalam rangkaian program touring Malaysia–Singapura 2018 bersama McLaren Club Indonesia.

Acara dibuka oleh sambutan hangat Marketing Manager Asia Pacific McLaren Geoff Tink. Kemudian dilanjutkan briefing dari Chief Instructor McLaren. Sebanyak 3 instruktur bersertifikasi standard McLaren sengaja didatangkan khusus dari Inggris untuk track day ini.

CEO McLaren Jakarta Irmawan Poedjoadi mengungkapkan, para pemilik McLaren sangat menikmati kesempatan yang langka menjajal mobil mereka sendiri di sirkuit F1 Sepang ini. “Ini juga merupakan pertama kalinya kami membawa McLaren Club Indonesia ke luar negeri untuk acara seperti ini,” kata pria yang akrab disapa Wawan ini kepada Pengendara.com.

Peserta dibagi menjadi tiga kategori yakni beginner, intermediate, dan advanced berdasarkan kemampuan masing-masing peserta dan pengalaman mereka sebelumnya di track sirkuit. Peserta dari Jakarta, Singapura dan Kuala Lumpur berbaur bersama berdasarkan kategori tersebut. Sighting lap dimulai sebagai pengenalan masing-masing terhadap track. Setelahnya, para peserta diizinkan untuk menjajal track dan juga dapat meminta sesi private dengan instruktur yang diakhiri dengan hot laps.

“Persiapan track day kolaboratif ini kami lakukan bersama dengan team dari McLaren Singapura dan McLaren Kuala Lumpur. Ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Kami harapkan akan ada kolaborasi berikutnya di masa mendatang dan lebih besar lagi dari hanya 33 mobil peserta,” imbuh Viyata Devi, General Manager Sales & Marketing dari McLaren Jakarta.

Cuaca yang bagus sangat mendukung jalannya acara. Para peserta cukup betah di dalam track dan bersemangat dalam memacu mobil McLarennya. Raung knalpot McLaren saling bersahut-sahutan memenuhi Sepang International Circuit namun dilakukan sangat tertib dan aman di bawah pengawasan para instruktur.

Kolaborasi Track Day McLaren di Sirkuit Sepang, Malaysia./Pengendara.com

Sebagai penutup acara, makan malam diadakan bagi seluruh peserta sekaligus menambah keakraban para pemilik mobil McLaren dari 3 negara ini. Dalam kesempatan ini, Presiden McLaren Club Indonesia (MCI) Ahmad Sahroni memberikan tanda persahabatan untuk perwakilan McLaren Singapura dan McLaren Kuala Lumpur.

“Sebagai club McLaren yang pertama kali berdiri di Asia Pasifik, kami berharap akan diikuti oleh negara lainnya. Dan kami juga sangat membuka diri untuk membantu jika club dari negara lain akan mengadakan touring ke Indonesia,” kata Bro Roni, menutup acara makan malam pada hari itu.

Dealer Suzuki