Amin Andrianto, pengusaha asal Kalimantan. Ia memboyong H2 Carbon./Foto KMI/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—”Serah terima dan unboxing H2 Carbon pertama dan satu-satunya di Indonesia baru saja dilaksanakan. H2 Carbon hanya diproduksi sebanyak 120 unit di dunia, dan Indonesia hanya mendapat 1 unit, dengan nomor seri 72. Pembeli bernama Amin Andrianto, seorang pengusaha asal Kalimantan. Ia memboyong H2 Carbon dengan harga Rp835juta,” demikian pernyataan dalam akun resmi di media sosial Kawasaki Motor Indonesia di instagram. Warganet banyak yang menanggapinya kagum dan turut senang terutama bikers motorsport dan para Ninja Addict.

Line Head Marketing Kawasaki Motors Indonesia Sucipto Wijono S membenarkan bahwa Ninja H2 Carbon Indonesia hanya kebagian 1 unit dari 120 unit yang tersedia di dunia. Kawasaki Ninja H2 Carbon memang diproduksi amat terbatas.

Unboxing Kawasaki H2 Carbon./Foto KMI/Pengendara.com

“Generasi H2 Carbon sudah menggunakan shock belakang ohlins, lalu pada fairing depan menggunakan carbon sesuai julukannya itu. Keunggulan lainnya sudah mengaplikasi slipper clutch agar kopling terasa enteng saat ditarik,” kata Sucipto kepada Pengendara.com pada Kamis (22/2/2018). Selain itu,finishing pengecatannya mirror painting dan matte berkualitas tinggi.

Ninja H2 pertama kali mengaspal di dunia pada tahun 2015. Kehadirannya waktu itu membuat banyak orang tercengang. Kolaborasi yang apik dari beberapa perusahaan di bawah Kawasaki Heavy Industries (KHI) Group mampu menciptakan satu-satunya model mass-produced supercharger supersport.

Sejumlah inovasi teknologi mesin yang dilakukan membuat H2 memiliki performa yang fenomenal. Kombinasi dari akselerasi yang intens dan supersport-level circuit handling membuat motor ini berbeda dari motor lainnya. Di tahun 2017 Ninja H2 hadir dengan sejumlah pembaharuan, sehingga tipe ini dinamai H2 Carbon.

Kawasaki H2 Carbon./Foto KMI/Pengendara.com

Model Ninja H2 Carbon merupakan sebuah model limited edition seperti disebutkan di atas. Disebut “carbon” karena memiliki carbon-fiber pada fairing atas dengan menggunakan highly rigid, lightweight CFRP (Carbon-Fiber Reinforced Polymer) sehingga membuatnya mirip dengan Ninja H2R. Selain itu juga ada penambahan electronic package Kawasaki yang paling canggih dan suspensi belakang dari Ohlins TTX rear shock.

Motor ini juga dilengkapi dengan special paint silver-mirror, matte element, serta frame berwarna hijau. Mirip Ninja H2R. Setiap Ninja H2 Carbon dilengkapi dengan serial number plate, karena hanya 120 unit saja yang diproduksi di dunia. Indonesia hanya mendapatkan 1 unit, dengan nomor serial 72.

Posisi handle grips lebih tinggi 20 mm dari standart clips-on. Bar-end yang lebih berat meredakan getaran pada handlebar, sehingga meningkatkan kenyamanan saat berkendara di jalan raya.

Kini Ninja H2 Carbon dilengkapi dengan slipper clutch. Slipper clutch adalah teknologi yang diaplikasi dari ajang balap yang mampu membuat roda belakang tetap menapak dijalan saat dilakukan penurunan gear mendadak untuk menghindari gejala roda melompat atau tergelincir. Pengaplikasian slipper clutch pada Ninja H2 Carbon juga membantu memperingan pengoperasian tuas kopling.

Ninja H2 Carbon merupakan motorsport pertama di dunia yang telah menggunakan mesin supercharged. Dapur pacunya dipersenjatai mesin empat silinder berkapasitas 998 cc bertenaga 202,2 hp. Ninja H2 Carbon memiliki torsi maksimum sebesar 135 nm. Sejumlah fitur keselamatan canggih dimiliki H2 Carbon, antara lain, corner management function, traction control, launch control mode, antilock braking system (ABS), engine brake control dan quick-shifter.

Dealer Suzuki