Hermansyah dari PT Mandiri Herindo Adiperkasa Kalimantan Timur menjadi pemenang pertama di ajang tahunan VOLVO Trucks Driver Challenge 2019. Foto istimewa/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com— Hermansyah dari PT Mandiri Herindo Adiperkasa Kalimantan Timur akhirnya berhasil menjadi pemenang pertama dalam ajang tahunan VOLVO Trucks Driver Challenge (VTDC) 2019. Hal ini diumumkan dalam acara gathering yang bertempat di telaga Samperiun Ancol,  Jakarta.

Acara yang diselenggarakan oleh Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selarasselama 3 hari yakni Selasa – Kamis tanggal 13 – 15 Agustus 2019 bertempat di Alam Sutera, Serpong, Tangerang hingga menetapkan 10 finalis.

“Mengemudikan kendaraan berat memerlukan keterampilan, tetapi mengendarainya dengan efisien merupakan seni. Volvo Trucks Driver Challenge bertujuan untuk menarik perhatian tentang pentingnya pekerjaan yang dilakukan oleh pengemudi truk kita,” ujar Jurn Terpstra, Direktur Volvo Trucks Indonesia.

Jurn Terpstra, Direktur Volvo Trucks Indonesia. dalam acara press conference di Jakarta. Foto istimewa/Pengendara.com

VTDC sendiri merupakan kompetisi untuk menjadi seorang pengemudi truck yang handal, dan fokus utama kompetisi tahun ini adalah efisiensi bahan bakar dan keterampilan mengemudikarena Ini merupakan uji keterampilan yang bertujuan melatih keahlihan para pengemudi truk saat membawa kendaraannya.

Secara global pengemudi terlatih cukup sedikit dan kami berharap melalui kegiatan inidapat meningkatkan peran pengemudi truk untuk menunjukan pentingnya efisiensi berkendara pada pelanggan. Keterampilan dan efisiensi mengemudi memiliki dampak langsung pada profitabilitas mereka.

Dalam kompetisi ini para driver duiji dengan mengendarai dump truck Volvo FMX 400 6X4R dan FMX 480 6X4T semi-trailer dengan panjang lintasan sejauh 5 km yang telah dibagi menjadi 2 sisiyakni sisi luar yang fokus pada efisiensi bahan bakar serta sisi dalam yang menekankan pada keterampilan mengemudi dimana pengemudi harus bermanuver menaklukan sejumlah rintangan.

Sedangkan penilaian diberikan berdasarkan efisiensi bahan bakar, kemampuan manuver, dan keamanan. Pemenangnya adalah pengemudi dengan poin gabungan tertinggi dari sisi luar maupun sisi dalam.

Dealer Suzuki