HDCI Batam./Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Kepulauan Riau (Kepri) Batam secara resmi berdiri pada 2014. Dulu, berawal hanya 6 bikers Harley-Davidson, tanpa club dan nama komunitas. Semakin lama bertambah banyak bikers yang mengendarai motor besar Harley-Davidson.

“Kami biasanya kumpul di Kepri Mall karena ada parkiran khusus motor besar di sana,” kata Ketua HDCI Batam Periode 2018-2021 Putra Respaty yang akrab disapa Bro Putra kepada Pengendara.com saat ditemui di Batam. Sampai sekarang sudah terdapat 70 bikers yang menjadi anggota HDCI Batam.

HDCI Batam touring./Pengendara.com

Seluruh members HDCI Batam tak hanya hobi city ride dan touring, namun juga aktif dalam kegiatan sosial. Ciri khas HDCI Batam, ketika touring selalu melakukan bakti sosial dan mengutamakan keselamatan berkendara sesuai dengan semboyan HDCI No Complaint No Accident.

“Sebagai bikers kami tidak hanya main motor ke sana ke mari. Kami ingin bermanfaat bagi warga masyarakat Batam, juga mendukung penuh pemerintah daerah dalam mengembangkan dan memajukan pariwisata Batam,” kata Bro Putra.

Saat Pelantikan HDCI Batam./Pengendara.com

Bro Putra mengaku bangga dengan Batam yang memiliki potensi pariwisata yang besar. Faktor geografis Batam yang dekat dengan luar negeri, sehingga banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Batam seperti dari negara tetangga, Malaysia, Singapura, dan Brunei.

“Kami ingin bekerja sama dengan bikers, komunitas, club bermotor dari negara serumpun, yakni Malaysia, Singapura, dan Brunei untuk menyelenggarakan event Bike Week yang mengundang seluruh bikers di dunia untuk hadir yakni Serumpun Bike Week. Lokasi penyelenggaraannya bisa bergantian, dimulai dari Batam dan secara bergiliran ke negara serumpun lainnya,” kata Bro Putra.

Serumpun Bike Week akan menjadi event yang akan meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara, semakin mempopulerkan Batam sebagai destinasi wisata kelas dunia.

“Apalagi Batam ini merupakan Surganya Otomotif. Karena Batam free trade zone, motor dan mobil mewah jadi lebih murah harganya, walaupun tidak bisa keluar dari wilayah Batam. Kami berharap pemerintah memberikan kemudahan bagi bikers dari luar negeri memasukan motornya ke Batam atau daerah lain untuk touring bermotor menikmati tempat-tempat wisata menarik di seluruh Indonesia,” kata Bro Putra.

HDCI Batam, aktif dalam beragam kegiatan bermanfaat./Pengendara.com

Di Pulau Batam, bikers dapat touring mengelilingi Batam, melalui rute atau jalur kawasan tepian pantai, menuju Jembatan Barelang dan kawasan lainnya yang beraspal mulus dan mengasyikan untuk berkendara motor.

Selain itu, sekarang sudah ada dealership resmi Sumatera Motor Harley-Davidson of Batam yang akan menawan bikers Harley-Davidson dari luar negeri untuk berkunjung, touring ke Pulau Batam.

Members HDCI Batam./Pengendara.com

“Kami dari HDCI Batam sangat senang. Ini napas segar bagi HDCI Batam. Anggota kami memang sebanyak 70 orang, tapi 1 orang bikers bisa punya 2 motor atau 3 motor. Sebelum ada dealer Harley-Davidson kami kebingungan untuk service karena Harley kan spesifik tidak gampang untuk memperbaikinya memerlukan teknisi khusus, dengan adanya dealer ini kami tidak perlu khawatir lagi,” kata Bro Putra.

Ketua Bidang Organisasi HDCI Batam Harlas Buana mengungkapkan, HDCI Batam ingin menjadi mitra strategis pemerintah.

“Seluruh anggota siap menjadi duta-duta pariwisata untuk turut mengembangkan dan memajukan pariwisata di Batam khususnya dan Kepulauan Riau pada umumnya,” kata pria yang akrab disapa Bro Habe ini.

HDCI Batam./Pengendara.com

Menurut Bro Habe, pemerintah daerah Batam sedang berkonsentrasi meningkatkan pembangunan infrastruktur yang akan menjadikan Batam destinasi wisata kelas dunia.

Dealer Suzuki