Ilustrasi mengendarai mobil./Foto Ist./Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Teknik eco driving dapat menghemat pemakaian bahan bakar. Selain itu, teknik ini juga dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Eco driving perlu dikuasai oleh para pengendara mobil yang melengkapi teknik defensive driving yang bertujuan untuk pengendalian emosi, kesabaran, time management, dan efisiensi, dan safety driving yang mengutamakan keselamatan berkendara.

Kami merangkum sejumlah aspek untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, keselamatan, dan efisiensi dalam mengendarai mobil. Berikut ini, kami rangkum dari berbagai sumber;

1.Kendalikan cara menekan pedal gas, jangan spontan. Upayakan perlahan dan bertahap, menggunakan perasaan dan sabar. Start kendaraan dengan gas spontan dengan akselerasi tinggi akan membuat boros dalam pemakaian bahan bakar.

2.Jangan memaksakan beban kerja mesin dengan putaran rpm yang berlebihan. Batasi pindah gigi di putaran 2.000 rpm agar pemakaian bahan bakar tetap optimal.

3.Jagalah jarak aman berkendara terhadap mobil yang berada di depan, 2-3 meter adalah jarak yang dianjurkan untuk keselamatan.

4.Saat macet,bersabarlah. Nge-gas tetap halus dan perlahan.

5.Bagi pengendara kopling manual, hindari posisi kaki setengah kopling.

6.Manfaatkan engine break untuk pengereman di situasi tertentu, namun tidak secara mendadak atau tiba-tiba.

7.Hindari mesin terlalu lama menyala saat idling. Sebaiknya mematikan saat berhenti lebih dari 10 menit.

8.Pemakaian AC, aturlah temperatur dalam suhu ideal.

9.Perhatikan kecepatan kendaraan, jangan melebihi batas aman kecepatan, termasuk saat berada di jalan bebas hambatan atau tol. Jarak aman dan toleransi berkendara adalah 100 kilometer per jam.

Dealer Suzuki