Bolid E, motor listrik canggih untuk ajang balap Moto E, buatan Samsung, foto: istimewa/Pengendara.com.
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Meski masih dalam bentuk prototipe, Samsung menciptakan Bolid E sebagai sepeda motor yang diperuntukan dalam ajang balap yang menggunakan sistem penggerak listrik, kehadirannya di lansir Samsung akan diturunkan dalam ajang Moto E.

Mengutip Young Machine, Rabu (5/12/2018) roda dua listrik ini diklaim memiliki tenaga mencapai 109 hp serta torsi 18,3 kg-m. Dengan kecepatan maksimumnya sendiri mencapai 200 kilometer per jam.

Selaku produsen perangkat elektronik, Bolid E dibekali dengan berbagai teknologi canggih yang dikembangkan langsung oleh Samsung. Seperti penyematan 2 buah handphone seri Galaxy A sebagai perangkat spion.

Kedua handphone yang difungsikan sebagai spion ini tak hanya untuk memonitor bagian belakang. Namun perangkat ini memperingatkan situasi berbahaya, merekam dan berbagi gambar video saat mengemudi, dan juga memungkinkan Anda untuk melacak posisi kendaraan saat berada jauh dari kendaraan.

Kecanggihan lainnya, yakni adanya Galaxy Watch yang terletak dekat tangki dan penggunaan NFC. Anda juga dapat berbagi kunci dengan seseorang dengan membuat kunci virtual. Dengan layar yang dipasang dengan mirrorless, Anda dapat menghindari sudut-sudut buta yang hilang, pejalan kaki, dan informasi yang berguna untuk bepergian dan mengecek lokasi stasiun pengisian listrik terdekat.

Untuk membuat Bolid E, Samsung telah menggandeng beberapa produsen otomotif untuk bekerjasama dalam mengembangkan teknologi baterai bagi kendaraan listrik, tidak hanya sebatas perangkat elektronik handphone saja.

Khusus untuk Bolid E sendiri, Samsung juga mengklaim sepeda motor balap listriknya ini memiliki sistem pengisian baterai cepat dimana hanya dibutuhkan waktu 25 menit untuk mengisi tenaga baterai hingga 85 persen.

Dealer Suzuki