Merdeka Ride dan Charity ini mengusung konsep bekendara sambil menjalankan misi kemanusiaan. Foto: Dragon 76 MC/Pengendara.com.
PT Denka Pratama

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, dirayakan oleh seluruh warga masyarakat dengan berbagai macam bentuk kegiatan. Demikian pula tidak ketinggalan para bikers di Jabodetabek, mereka mengadakan acara berupa Merdeka Ride and Charity pada hari Minggu 18 Agustus 2019.

Acara yang diinisiasi oleh Dragon Seventysix MC Chapter Indonesia ini melibatkan partisipasi lebih dari 250 bikers dari berbagai komunitas, klub maupun single rider, antara lain seperti Ruby Owner Club MC Indonesia, Keluarga Besar Regal Raptor Riders Indonesia, Yamaha Byson Bekasi Club, Xabre Owner Bekasi Raya, Komunitas Motor Rescue, BRAC, Angle Wolf MC Indonesia, BISC, FMBC, Komunitas Biker Tuna Rungu, Rabel Wolf NC dan masih banyak lagi lainnya.

Kegiatan yang memiliki ciri khas dengan seluruh peserta Merdeka Ride & Charity ini menggunakan bendera merah putih di kendaraannya, menjadi pusat perhatian warga sekitar jalur konvoi. “Memasang bendera merah putih dan mematuhi setiap rambu lalulintas pada saat konvoi, menjadi keputusan mutlak bagi bikers yang mengikuti kegiatan ini,” demikian dikatakan Daenk Agus selaku ketua pelaksana kegiatan dan sekaligus Road Captain dari Dragon Seventysix MC Chapter Indonesia kepada pengendara.com.

Merdeka Ride dan Charity ini mengusung konsep bekendara sambil menjalankan misi kemanusiaan. Untuk kegiatan sosialnya sendiri, yaitu dengan melakukan donasi kepada Yayasan Rehabilitasi Disabilitas Mental Al Fajar Berseri yang berlokasi Tambun Selatan.

Selain partisipasi ratusan bikers, dalam kegiatan ini ada tiga perusahaan yang ikut berpartisipasi menyemarakan, yaitu PT. Ajidharmamas Tritunggal Sakti, PT. Ajidharma Corporindo, dan PT. XC Cleanindo. “Dalam kegiatan Merdeka Ride kami mengajak perusahaan-perusahaan yang berminat untuk bergabung dengan kegiatan kami. Dengan demikian kami juga membantu perusahaan-perusahaan untuk melakukan Corporate Sosial Responsibility (CSR),” papar Mico Mahardika President Dragon Seventysix MC Chapter Indonesia.

Peserta Merdeka Ride & Charity ini mulai bergerak beriringan dari Patung Kuda kota Harapan Indah Bekasi pada pukul 08.00 pagi dengan rapi dan tertib, menuju Yayasan Rehabilitasi Disabilitas Mental Al Fajar Berseri di Tambun Selatan. Sesampai di lokasi mereka menggelar upacara bendera.

Perlu diakui bahwa semangat para biker ini sungguh luar biasa, ditengah cuaca yang terik mereka mengikuti seluruh prosesi dengan hikmat. Bertindak selaku inspektur upacara adalah H. Sodikun Ketua Nasional Ruby Owner Club MC Indonesia, dalam amanat nya beliau mengatakan, “Panti Rehabilitasi Disabilitas Mental merupakan salah satu yang perlu mendapatkan perhatian dari masyarakat terutama dalam hal rehabilitasi sosialnya. Penyandang disabilitas mental atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sering mendapat stigma negatif dari masyarakat. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu menso-sialisasikan kepada semua pihak tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Sebab, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama untuk hidup layaknya orang pada umumnya.”

Selanjutnya, dilakukan serah terima donasi dari perusahaan-perusahaan pendukung serta bikers kepada pengurus yayasan Al Fajar Berseri, yang di terima langsung oleh sang empunya Marsan.

Dealer Suzuki