Rudy Chen CEO Asuransi Astra.Foto: Istimewa/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com, Jakarta — Asuransi Astra  meraih Indonesia Best Insurance Award 2020 dari Warta Ekonomi untuk dua kategori.  Dua penghargaan yang diterima langsung oleh Rudy Chen selaku CEO Asuransi Astra adalah Best CEO Award 2020 for Optimizing Consumer-Centric Digital Transformation  dan Top 3 Financial Performance of Indonesia Best Insurance Award 2020 with assets 5–10 T untuk  kategori asuransi umum.

Asuransi Astra dinilai sukses menjaga stabilitas bisnis perusahaan di tengah kondisi pertumbuhan negatif ekonomi global serta terus memberikan kontribusi inovasi digital yang sangat membantu pelanggan maupun masyarakat luas, dan Asuransi Astra dinilai mampu menjawab kebutuhan pelanggan yang selalu berkembang serta berbagai inovasi berbasis digital untuk menjawab kebutuhan pelanggan selama pandemi sekalipun.

Seiring dengan perkembangan teknologi ke arah serba digital yang kian pesat, Asuransi Astra juga selalu berupaya untuk beradaptasi dengan perubahan zaman, yaitu salah satu bentuk upaya nya dengan menghadirkan aplikasi Garda Mobile Otocare dengan fitur terbaru Garda Mall dan Garda Mobile Medcare 3.0 dengan fitur terbaru nya yaitu Find My Doctor dan E-Claim yang sudah dilengkapi dengan Chatbot Garxia.

Garxia kini juga hadir pada Medcare 3.0 untuk mempermudah pengguna dalam menemukan diagnosa sementara secara tepat, mereferensikan dokter yang sesuai dengan hasil diagnosa yang dirasakan, hingga mencari klinik dan rumah sakit terdekat agar pengguna bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Dengan menghadirkan kedua aplikasi tersebut Asuransi Astra berharap dapat memberikan kemudahan tak hanya bagi pelanggan namun juga bagi pengguna umum khususnya dalam masa pandemi seperti saat ini.

Asuransi Astra juga berharap dengan kehadiran diversifikasi pilihan layananan yang dihadirkan dapat menjadi solusi atas kebutuhan pelanggan yang kian kompleks seiring perkembangan zaman dan diharapkan dapat menjadi bentuk kontribusi sosial kepada masyarakat luas tak hanya pada segmentasi pelanggan saja.

Metode-metode penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Warta Ekonomi dilakukan dengan dua pendekatan yaitu metode desk research, dengan menganalisis laporan keuangan/tahunan 2019 yang dikeluarkan perusahaan asuransi jiwa, umum atau reasuransi.

Kedua dengan metode media monitoring. Untuk metode penelitian kategori Financial Performance, didasarkan pada beberapa indikator penilaian seperti  Tingkat solvabilitas yang diukur berdasarkan rasio pencapaian tingkat solvabilitas, Kecukupan investasi yang diukur berdasarkan rasio kecukupan investasi, Ekuitas, Pertumbuhan Pendapatan Premi, Rasio Investasi terhadap pendapatan premi, Rasio beban, Rasio likuiditas, Pertumbuhan laba dan Pertumbuhan aset.

Sedangkan untuk kategori Best CEO, penilaian dilakukan dengan media monitoring dengan kriteria penilaian dari yang pertama adalah aspek komitmen dimana peran aktif CEO dalam mengikuti kegiatan/promosi yang dilakukan perusahaan dan kebijakan perusahaan yang mendukung pengembangan kualitas SDM pada perusahaan yang dipimpin.

Kedua adalah aspek Inovasi, dimana Inovasi produk dan jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam rentang waktu satu tahun terakhir; lalu yang terakhir adalah aspek profesionalisme yaitu terkait dengan pengalaman dan kesesuaian latar belakang CEO kandidat penerima penghargaan, pemberitaan positif tentang CEO, dan bagaimana CEO memitigasi risiko yang muncul bagi perusahaan saat pandemi Covid-19.

Penghargaan ini tentunya akan menjadi motivasi bagi Asuransi Astra untuk senantiasa menjaga kualitas dalam segala sisi agar dapat menjadi perusahaan asuransi umum yang terpercaya dan selalu dapat diandalkan oleh para pelanggan kapan dan di manapun terlebih di masa pandemi yang kita alami bersama saat ini,

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan Asuransi Astra yang sudah bekerjasama dan para pelanggan kami yang telah memberikan banyak masukan agar kami senantiasa mempertahankan kualitas layanan dan dapat menghadirkan peace of mind dalam setiap layanan yang kami berikan pada pelanggan. Proficiat untuk kita semua.” tutup Rudy.

Dealer Suzuki