PT Denka Pratama

Pengendara.com-Touring adalah perjalanan yang mengasyikan bagi para biker yang suka berpetualang. Sepertinya perjalanan ratusan bahkan ribuan kilometer tersebut seakan tidak lengkap jika tidak disematkan box motor. Box sebagai sarana pendukung yang sangat diperlukan untuk menyimpan barang barang bahkan surat penting saat harian apalagi saat touring.

Yang menjadi pertanyaan kami adalah, bagaimanakah jika box tersebut tidak dipakai? Pengendara.com memberikan tipsnya. Menurut Syahriel Andriansyah, Sales Manager Regional Jabodetabek SHAD Indonesia ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan.

“Pertama, lepaskanlah box tersebut dari braketnya. Bila tidak dicopot dikhawatirkan karet yang ngepress tersebut aus. Kedua, pastikan box tersebut dalam keadaan bersih. Dan bila kotor, disarankan jangan di cuci steam. Jika terpaksa di steam, jaraknya harus minimal satu meter penyemprotan ke arah lubang kunci box. Ketiga, simpanlah box motor tersebut di tempat penyimpanan yang sejuk. Hindari dari tempat yang lembab,” katanya.

SHAD TERRA model TR.Foto Abdi/Pengendara.com

Inilah yang dianjurkan sebaiknya. Selanjutnya yang menjadi pertanyaan kami adalah apakah ada jarak tinggi dan lebar untuk pasang box motor?

“Tentunya ada. Saya merekomendasikan yaitu sesuai dengan standar Indonesia. Yakni, tingginya maksimal 90 centimeter. Lebar box yang harus dipasangkan di roda dua yaitu maksimal 150 centimeter atau sejajar dengan stang,” kata pria yang biasa dipanggil Andri ini.

Ia menambahkan, perihal berat beban boxnya juga ada aturannya, 10 kilogram untuk Topbox dan 8 kilogram untuk setiap Sideboxnya.

“Berat beban itulah yang kami anjurkan pada Box SHAD,” ujarnya menutup wawancaranya dengan pengendara.com saat launching Box SHAD TERRA.

Dealer Suzuki