Gear set yang digunakan pada kendaraan roda dua, foto istimewa/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com – Pengendara roda dua semakin hari bertambah terus jumlahnya. Sayangnya,masih banyak pengendara kurang memahami kegunaan spare part yang terdapat pada kendaraannya. Salah satu perangkat penting, terutama kendaraan yang masih menggunakan transmisi manual (bukan matic), adalah rantai dan gir.

Dua komponen ini sering kali harus mendapat perhatian ekstra para pengendara dengan fungsi utamanya sebagai komponen penggerak, yang dapat terkikis dan habis dengan intensitas penggunaan tinggi. Jika salah satu dari komponen ini rusak maka akan mempengaruhi yang lainnya.

Sebaiknya bila ingin mengganti gir atau rantai motor gantilah yang sudah sepaket, untuk mengurangi dampak kerusakan pada kendaraan. Spare part ini berupa gir depan, gir belakang dan rantai roda. Biasanya bengkel yang menjual spare part memiliki kode Chain Set, Gir Set (Gear Set), Drive Chain atau Gir Paket (Gear Paket).

Namun, banyak pengguna motor kurang memahami fungsi dan kegunaan komponen ini. Berikut kami sampaikan penjelasan dari Bro Irfan selaku modifikator dari Fans Modifikasi yang bermarkas di bilangan Kelapa Gading, akan fungsi, jenis gir dan rantai itu.

“Huruf “T” yang terdapat dalam ukuran gir depan dan gir belakang motor merupakan singkatan dari kata Tooth atau bentuk jamaknya Teeth yang berarti adalah jumlah gigi pada gir tersebut. Contoh 14 T berarti terdapat 14 gigi dalam gir tersebut. Jumlah Teeth yang lebih banyak secara visual kita memahami dengan diameter gir yang lebih besar.”

“Huruf “L” dalam ukuran rantai adalah singkatan dari “Length” yang berarti panjang. Huruf “L” kadang ada kadang tidak pada keterangan produk pada kemasan. Selain itu, biasanya hanya tertera angkanya saja. Contoh, 100 L atau 100 berarti ada 100 mata pada rantai. Jumlah mata dimaksud adalah jumlah lobang tempat masuknya gigi pada gir.”

“Ukuran rantai yang lengkap sering ada angka “428” sebagai default ukuran rantai. Ini adalah ukuran standar internasional untuk rantai. Kadang kala ditemui juga adanya angka H di belakang angka 428 pada point ketiga. Huruf “H” tersebut adalah singkatan dari “Heavy Duty”.”

Jadi kurang lebih artinya 428 H adalah versi heavy duty untuk 428. Ketebalan plat samping secara rata-rata berkisar 15% – 20% lebih tebal dari versi 428 standar.

Berikut ini ukuran gir depan, gir belakang dan rantai motor standar yang beredar di Tanah Air :

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here