Royal Enfield Friends./Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Royal Enfield Friends lebih terkenal dengan singkatan REF berdiri sejak 2016 oleh kurang lebih 30 orang bikers yang membeli motor Royal Enfield secara berbarengan saat itu. Ketua REF Imran Amir mengungkapkan, mayoritas bikers anggota REF sudah saling mengenal sejak lama karena merupakan sesama bikers Harley Owners Group (H.O.G.) Jadoel era 90’an.

“Kami ini kebanyakan kawan lama, sudah saling kenal dekat. Bersahabat lebih dari 20 tahun. Dulu banget sama-sama main Harley, namun karena sekarang sudah faktor usia, kami memilih motor yang bobotnya lebih ringan, supaya bisa dibawa santai dan senang-senang saja di jalan,” kata pria yang akrab disapa Bro Imran ini kepada Pengendara.com

Ketua REF Bro Imran (baju hijau) bersama REF members./Pengendara.com

Mengapa memilih motor Royal Enfield? “Waktu itu, Bro Tito Sulistio sahabat kami merekomendasikan Royal Enfield. Kami difasilitasinya membeli motor tersebut,” kata Bro Imran. Tito Sulistio dikenal sebagai salah satu pendiri H.O.G. Jakarta Chapter pada tahun 1998 dan saat ini menjadi prinsipal PT Distributor Motor Indonesia, yang menjadi agen pemegang merek (APM) Royal Enfield di Indonesia.

Bro Imran mengaku sangat menikmati touring bareng REF. Karena fun touring, santai menikmati perjalanan sambil melihat-lihat panorama alam yang indah. “REF cukup sering touring, paling jauh ke Flores, Labuan Bajo menikmati pesona alamnya. Enjoy ride!,” kata Bro Imran. Sedangkan, touring jarak dekat sudah banyak dilakukan REF. Sampai sekarang anggota REF sudah mencapai 90 bikers, dan kemungkinan akan bertambah terus jumlahnya.

Fun touring REF biasanya diikuti minimal 25-35 bikers. “Kami berencana ikut The 11th National H.O.G Rally 2018 Jakarta-Bali, bersama bikers Harley-Davidson pada 21-24 November 2018 ini, tapi kami naik Royal Enfield,” kata Bro Imran yang memiliki Royal Enfield Classic 500.

Tercatat sudah 20 bikers REF yang confirmed mengikuti event tahunan H.O.G. Rally 2018. Kemungkinan jumlah peserta touring tersebut akan bertambah menjelang hari keberangkatan.  Rencana touring lainnya, REF akan menghadiri Sumatera Bike Week 2018.

“Sekalian touring ke Sumatera yang sudah masuk dalam agenda kami. Namun, untuk agenda yang satu ini kami belum dapat memastikannya karena masih tentatif,” kata Bro Imran yang juga memiliki Royal Enfield Himalayan, motor berkarakter adventure.

Royal Enfield./Pengendara.com

Untuk touring penutup akhir tahun 2018 ini, REF akan ke Flores lagi. “Kali ini kami akan melalui jalur utara. Fun touring Flores sebelumnya lewat jalur Selatan,” kata Bro Imran yang merupakan salah satu pendiri Radio Prambors.

Selain touring, REF juga rutin melaksanakan charity ride berupa bakti sosial, santunan panti asuhan, dan membantu korban bencana alam, baik secara berkelompok maupun individu member REF.

Salah seorang anggota REF, Bro Firman menceritakan, REF rutin kumpul setiap hari minggu pagi di Radio Prambors di kawasan Adityawarman, Blok M, Jakarta Selatan. “Members rata-rata kawan lama, tapi ada juga members yang baru bergabung, ada profesional, pengusaha, birokrat, sampai Jenderal, bergabung di REF,” kata Bro Firman.

REF rajin berkumpul hanya untuk santai bareng. “Kami sekadar ngobrol, bercanda, touring senang-senang, berkendara keliling kota, kuliner makan-makan, engga ada yang serius. Semua dibawa santai, ketawa-ketawa,” kata Bro Firman.

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here